Olahraga

Antusiasme Tinggi di Turnamen Sepak Bola You Kaltim

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 704 Kali
Antusiasme Tinggi di Turnamen Sepak Bola You Kaltim

Foto: Ika Prida Rahmi (kaltimkece.id)

Satu lagi wadah bibit-bibit sepak bola Kaltim unjuk bakat. Batu loncatan menuju jenjang yang lebih bergengsi.

Ditulis Oleh: Ika Prida Rahmi
30 Maret 2019

kaltimkece.id You Kaltim dalam waktu dekat menyelenggarakan turnamen sepak bola bertajuk You Kaltim Champions Cup. Memeriahkan road to HUT You Kaltim yang pertama, jatuh pada 30 Maret 2019 mendatang. Turnamen sepak bola ini bentuk dukungan bagi para pemain dan klub amatir di Kaltim. 

You Kaltim Champions Cup diikuti puluhan peserta. Turnamen terbagi dua kategori. Yakni tim amatir dan pelajar. Para peserta berasal dari kabupaten/kota di Kaltim. Di antaranya Kukar, Balikpapan, dan Samarinda.

Pada Jumat sore, 29 Maret 2019, You Kaltim menyelenggarakan technical meeting, dihadiri perwakilan tim yang akan bertanding. Dalam agenda ini, peserta dipersilakan mencabut nomor drawing.

Ditemui selepas technickal meeting, Direktur Operasional You Kaltim Achmad Junaidi mengatakan bahwa tujuan utama turnamen adalah bentuk dukungan terhadap anak muda Kaltim, terutama di bidang olahraga.

Agenda turnamen sepak bola amatir ini pertama kali diselenggarakan You Kaltim yang belakangan selalu menyelenggarakan agenda di bidang seni dan UMKM. Agenda ini rencananya diselenggarakan setiap tahun.

Jun, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa saat ini sebagian besar kebutuhan event murni dari You Kaltim. Ia berharap setelah berlangsungnya turnamen berefek positif. Sehingga ke depan akan mendapatkan dukungan berbagai pihak.

Selain sabagai bentuk dukungan bagi pesepak bola amatir Bumi Etam, turnamen ini wadah dan ajang bagi bibit-bibit di Kaltim untuk dapat berkompetisi. Menurutnya, turnamen seperti ini sudah sangat jarang diselenggarakan di Kaltim, khususnya Samarinda. Diharapkan bisa menjadi kesempatan menghadirkan pemain berbakat untuk melanjutkan karier sepak bola.

"Sebagai langkah pengkaderan pemain sepak bola kita. Langkah selanjutnya mereka bermain profesional. Semoga setelah ini akan ada bibit-bibit pesepak bola yang dapat bermain dan berprestasi di kancah persepakbolaan nasional," sebutnya.

Sejak awal dibukanya pendaftaran, turnamen sepak bola You Kaltim Champions Cup dibuka gratis. Antusias pun datang dari banyak tim. Pencarian peserta dilakukan lewat media sosial. Sejak hari pertama, sudah sekitar 200 tim mendaftar. Pada hari selanjutnya, peminat mencapai 300 peserta. Namun, hanya 50-an slot tersedia.

Turnamen Sepak Bola You Kaltim Champions Cup diikuti 32 tim pelajar SMK/SMA, serta 24 tim amatir. Berlangsung 12 hari, mulai 1 hingga 12 April 2019. "Untuk kelas pelajar hampir semua SMA/SMK ikut dari seluruh Kaltim. Untuk umum kebanyakan dari Samarinda dan beberapa daerah.”

Babak penyisihan pada 1 hingga 10 April, berlangsung di Lapangan Tridaya, Jalan Juanda, Samarinda Ulu. Sementara laga semifinal dan final pada 11 dan 12 April, berlangsung di GOR Sempaja.

Seluruh peserta saling memperebutkan piala bergilir You Kaltim Champions Cup. Dengan total hadiah mencapai belasan juta rupiah bagi para pemenang.

Hadiah kategori umum, adalah uang Rp 5 juta untuk pemenang turnamen. Posisi dua meraih Rp 3 juta dan tempat ketiga sebesar Rp 1,5 juta. Hadiah uang tunai juga diberikan untuk pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak. Masing-masing Rp 500 ribu.

Sedangkan kategori pelajar, untuk tim juara mendapatkan Rp 3 juta. Runner up Rp 2 juta, dan posisi ketiga Rp 1 juta. Pemain terbaik dan top skor masing-masing mendapatkan Rp 250 ribu.

"Alasan turnamen ini dibentuk, selain supporting, salah satu rangkaian Road to HUT You Kaltim yang pertama, pada 30 Maret 2019. Pelaksanaannya akhir April. Selain turnamen, ada juga lomba baca puisi, film, dan lain-lain. Rangkaian HUT You Kaltim pertama, kami memberi tempat khusus untuk olahraga sepak bola," sebut Jun. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar