Olahraga

Atlet Junior Bola Tangan Kaltim menuju Kejurnas, Seleksi International Handball Federation

person access_time 6 months ago remove_red_eyeDikunjungi 499 Kali
Atlet Junior Bola Tangan Kaltim menuju Kejurnas, Seleksi International Handball Federation

Seremoni pelepasan atlet bola tangan junior Kaltim mengikuti kejuaraan nasional di Tangerang. (giarti ibnu lestari/kaltimkece.id)

Kejurnas Bola Tangan Junior 2019 menjadi gerbang bagi atlet Kaltim untuk unjuk gigi di International Handball Federation tahun depan.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
19 Desember 2019

kaltimkece.id Rabu, 18 Desember 2019, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim Zuhdi Yahya melepas keberangkatan atlet junior bola tangan Kaltim. Bertempat di lantai dua Kantor KONI Kaltim, Jalan Kesuma Bangsa, Samarinda. Kejuaraan nasional akan berlangsung di Tangerang, Banten.

Ketua Pengurus Provinsi Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Kaltim Suryadi Gunawan, mengatakan bahwa Kejurnas tersebut sekaligus ajang kejuaraan terbuka. Tidak hanya mewakili provinsi, tapi juga pengurus cabang atau klub.

"Kejurnas berlangsung 19-23 Desember 2019. Total rombongan 37 orang, 30 atlet dan 7 pelatih dan ofisial,” sebut Suryadi Gunawan.

“Kejurnas junior mempertandingkan nomor indoor dan outdoor. Target kami dua medali emas. Prestasi kami tahun lalu di kejurnas serupa, satu emas tim putri dan satu perak tim putra," sambungnya.

Suryadi Gunawan menambahkan, kejurnas junior tersebut akan diikuti 14 daerah. Peta kekuatan masih berada di daerah Jawa. Seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Namun, Kaltim selalu optimistis menampilkan yang terbaik dalam setiap kesempatan.

Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya, berharap para atlet senior maupun junior terus semangat. Terus berlatih. Karena pada PON XX 2020 Papua ,menjadi PON pertama bagi cabang olahraga bola tangan. Sebelumnya, di PON XI 2016 Jawa Barat, cabor bola tangan masih berstatus ekshibisi. Prestasi harus terus ditingkatkan.

Kejurnas Junior Bola Tangan diadakan di Tangerang, Banten. Sekaligus seleksi pertama untuk International Handball Federation (IHF) yang digelar 2020. IHF merupakan kejuaraan level Asia Tenggara cabang olahraga bola tangan. Jika tidak ada aral melintang Kaltim akan ditunjuk sebagai tuan rumah IHF untuk kelompok youth dan junior. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar