Olahraga

KONI Kaltim Menengok Kesiapan Papua untuk PON 2020

person access_time 3 months ago remove_red_eyeDikunjungi 819 Kali
KONI Kaltim Menengok Kesiapan Papua untuk PON 2020

Foto: KONI Kaltim

Persiapan PON 2020 kian dekat. Perwakilan Kaltim memantau kesiapan sejak jauh hari.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
31 Maret 2019

kaltimkece.id Tim Aju KONI Kaltim bertandang ke Papua pada 3 hingga 8 Maret 2019. Menengok kesiapan tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua  Ke-XX pada 2020.

Kunjungan tersebut bertujuan memastikan kesiapan tuan rumah, dari segi venue, penginapan, transportasi, hingga konsumsi. Juga melakukan antisipasi-antisipasi yang mungkin terjadi ketika PON berlangsung. Tim Aju datang ke beberapa wilayah di Papua. Di antaranya di Biak, Merauke, Mimika dan Jayawijaya.

PON Papua ke-XX pada 2020, akan mempertandingkan 46 cabang olahraga. Total sebanyak 766 nomor tanding. Venue cabor tersebar di enam kabupaten dan kota di Papua. Terbagi di Jayapura 18 cabor, Kabupaten Jayapura delapan cabor, Mimika enam cabor, Biak tujuh cabor, Merauke empat cabor, dan Jayawijaya tiga cabor. Jauhnya jarak antar kabupaten di Papua, membuat transportasi atlet menuju masing-masing venue cabor dipersiapkan via jalur udara.

Ketua harian KONI Kaltim, Rusdiansyah Aras, didampingi Kabag Humas Koni Kaltim Zulkarnain mengatakan, KONI Kaltim sudah mendapat dua hotel sebagai posko. Yakni Hotel Allison di Kota Jayapura dan Hotel Sahid di Kabupaten Jayapura.

Acara pembukaan dan penutupan PON ke-XX diselenggarakan di Stadion Papua Bangkit, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Kesiapan Stadion Papua Bangkit telah mencapai 98 persen. Sedangkan venue pertandingan dalam proses pembangunan dan renovasi. Ditargetkan seluruhnya siap digunakan dalam 12 bulan pengerjaan.

Ketua PB PON Ke-XX Papua, Yunus Wonda, memastikan konsumsi dan akomodasi para atlet ditanggung tuan rumah. Namun biasanya, beban biaya ditanggung bersama antara tuan rumah dan peserta PON. Masing-masing 50 persen. Kaltim sejauh ini masih satu-satunya tuan rumah PON yang pada edisi XVII 2008 lalu, menggratiskan akomodasi dan konsumsi atlet peserta PON.

Dilanjutkan oleh Ketua DPRD Papua tersebut, PON Papua adalah ajang yang mempersatukan perbedaan bangsa. Pengamanan selama PON berlangsung juga dijamin keamanan nasional.

Adapun KONI Kaltim juga menyewa Wisma Haji di Makassar. Disiapkan sebagai tempat transit para atlet sebelum melanjutkan penerbangan ke Papua. Mengingat waktu dan jarak tempuh. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar