Olahraga

Mengenal Sparko Samarinda, Komunitas Olahraga Bergaya Militer di Indonesia

person access_time 6 months ago remove_red_eyeDikunjungi 1849 Kali
Mengenal Sparko Samarinda, Komunitas Olahraga Bergaya Militer di Indonesia

Olahraga Sparko mulai digemari di Samarinda. (giarti ibnu lestari/kaltimkece.id)

Meski identik dengan gaya militer, olahraga ini digemari berbagai kalangan di Kota Tepian. Tua maupun muda.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
11 Februari 2020

kaltimkece.id Olahraga merupakan gaya hidup yang penting. Bahkan perkumpulan olahraga atau komunitas dibentuk untuk mengumpulkan mereka yang gemar berolahraga. Di Samarinda, saat ini sudah ada komunitas olahraga bergaya militer. Bernama Spartan Komando alias Sparko. 

Olahraga Sparko didirikan Mayor Infanteri Eka Wira Dharmawan, pada pertangahan 2015 di Bandung, Jawa Barat. Diperuntukan khusus kepada prajurit Komando Pasukan Khusus atau Kopassus. Pria berusia 38 tahun tersebut pun dijuluki The King Of Sparko. 

Ia merupakan seorang perwira menengah TNI-AD. Lulusan Akademi Militer tahun 2003. Berpengalaman dalam infanteri baret merah. 

Di Samarinda Sparko dilatih oleh Sersan Dua Hendriyanto. Pemuda kelahiran Sumenep, Jawa Timur, 2 Oktober 1993 tersebut, saat ini bertugas di Jasmani Militer Korem 091/Aji Suryanata Kesuma, mulai Oktober 2019.

Sebelumnya ia ditempatkan selama empat tahun di Batalyon Yonif 611 Awang Long. Setelah ia berhasil lolos menjadi anggota TNI dengan mendaftar di Kodam V Brawijaya. 

Sparko Samarinda telah berjalan sekira dua bulan belakangan. Anggotanya adalah para anggota TNI dan masyarakat umum, seperti pelajar, mahasiswa, hingga pekerja. Mulai usia 15 hingga 33 tahun. Tidak ada biaya yang dipungut untuk bergabung sebagai anggota Sparko. 

Kebanyakan adalah adik-adik pelajar yang baru lulus SMA atau mahasiswa yang berencana mendaftar sebagai anggota TNI maupun Polri. 

Sparko imerupakan olahraga untuk meningkatkan stamina, ketahanan fisik, kecepatan, menyehatkan tubuh. 

Yang membedakan latihan Sparko dengan olahraga yang lain, seperti latihan push up maupun sit up yang bervariasi. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar