Olahraga

Rakernas Virtual KONI 2020, Kemukakan 2021 Menjadi Masa Recovery Pembinaan Olahraga

person access_time 1 year ago remove_red_eyeDikunjungi 1078 Kali
Rakernas Virtual KONI 2020, Kemukakan 2021 Menjadi Masa Recovery Pembinaan Olahraga

Rakernas KONI diikuti pengurus Kaltim secara daring. (Giarti Ibnu Lestari/kaltimkece.id)

Rakernas KONI tahun ini digelar secara virtual. Dengan sejumlah isu penting kemajuan olahraga nasional.

Ditulis Oleh: Giarti Ibnu Lestari
26 Agustus 2020

kaltimkece.id Masa pendemi Covid-19 mengharuskan aktivitas berjalan dengan disiplin protokol kesehatan ketat. Membuat kegiatan tatap muka langsung menjadi terbatas. Berganti pertemuan secara virtual. Begitu juga dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang menjadi agenda tahunan.

Rakernas KONI Pusat 2020 dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali secara virtual dari Jakarta. Digelar Selasa, 25 Agustus 2020, pukul 10.00 Wita.

Rakernas tersebut juga diikuti Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya di ruang kerjanya, Kantor KONI Kaltim Jalan Kesuma Bangsa, Samarinda.

Zuhdi Yahya mengatakan bahwa tahun ini rakernas berbeda dari tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 membuat pertemuan dilakukan secara virtual.

“Rakernas ini merupakan agenda rutin yang tiap tahun digelar. Meskipun secara virtual, Rakernas berjalan lancar. Ada sejumlah evaluasi persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX Papua 2021,” ucap Zuhdi Yahya.

Dalam Rakernas juga dipaparkan oleh tuan rumah PON ke-XXI yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara. Pelaksanaannya belum diketahui tetap pada 2024 atau mundur satu tahun.

Wakil Ketua IV KONI Kaltim Rusdiansyah Aras yang juga mengikuti rakernas mengungkapkan satu pesan penting yang disampaikan Menpora RI, Zainudin Amali. Yakni terkait pembinaan olahraga.

"Komunikasi antara pemerintah pusat dengan KONI Pusat jangan sampai tersumbat. Begitu juga komunikasi antara pemerintah daerah dan KONI di daerah. Artinya, pembinaan olahraga ini tak bisa lepas dari dukungan pemerintah. Karenanya, harus ada komunikasi yang bagus antara pemerintah dengan KONI,” jelas Rusdiansyah Aras.

Dalam sambutannya, Menpora RI Zainudin Amali mengatakan bahwa melalui Rakernas ini KONI bisa merumuskan hal strategis untuk persiapkan prestasi di semua cabang olahraga. Pembinaan olahraga prestasi menjadi tanggung jawab semua. Baik KONI, pimpinan induk, dan cabang olahraga. Semua pihak terkait diharapkan melakukan berbagai upaya agar prestasi olahraga tidak terlalu tertinggal jauh.

"Saya harap rakernas ini bisa merumuskan hal-hal strategis dalam mempersiapkan prestasi di berbagai cabor agar bisa berprestasi. Selain di event PON juga di event internasional," ujar Zainudin seperti dikutip dari situs resmi Kemenpora.

Rakernas yang mengusung tema Sukseskan dan Wujudkan Prestasi pada PON XX/ 2021 Papua menjadi tujuan bersama. "Semoga kita memiliki komitmen yang sama sehingga tahun 2021 harus kita canangkan sebagai tahun recovery, karena tahun 2020 berbagai kegiatan olahraga dan ekonomi yang terkait dengan olahraga terpaksa terhenti," ucap Zainudin Amali.

Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman menyampaikan bahwa Rakernas ini bertujuan merumuskan berbagai kebijakan strategis dalam tataran operasional dalam rangka membina dan memfasilitasi para atlet dan tenaga keolahragaan, agar terus dapat berlatih, bertanding, dan beraktivitas lainnya dalam rangka bergerak secara fisik hingga dapat berbicara banyak di kancah internasional. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar