PARIWARA

Biar Ngacir, Ini 10 Cara Merawat Motor Matic Injeksi Suzuki Anda

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 406 Kali
Biar Ngacir, Ini 10 Cara Merawat Motor Matic Injeksi Suzuki Anda

Pentingnya merawat motor secara berkala. (istimewa)

Merawat kendaraan itu sangat penting dan wajib dilakukan karena dengan melakukan hal tersebut maka umur kendaraan menjadi lebih panjang.

Ditulis Oleh: PARIWARA
11 Januari 2021

 

kaltimkece.id Selamat tahun baru 2021. Semoga selalu dilimpahkan semua kebaikan. Pada awal tahun ini, Suzuki ingin berbagi informasi bagaimana cara merawat motor matic injeksi agar selalu dapat menemani aktivitas keseharian yang selalu menyenangkan dan berpetualang menebar kebaikan dan menjemput impian.

Merawat kendaraan itu sangat penting dan wajib dilakukan karena dengan melakukan hal tersebut maka umur kendaraan menjadi lebih panjang.

Cara merawat motor saat ini sudah menjadi wawasan yang wajib dipahami semua kalangan. Apalagi mengingat saat ini motor sudah termasuk dalam kebutuhan primer, bukan kebutuhan sekunder lagi. Alasannya karena ia memiliki nilai guna dan sangat dibutuhkan hampir semua kalangan.

Dalam hal ini motor matic saat ini lebih populer dengan berbagai kelebihannya. Namun demikian, tetap saja untuk membuatnya awet, perawatannya harus baik. Nah, untuk menambah wawasan, berikut informasi yang dapat dilakukan:

Melakukan Pengecekan Bahan Bakar

Seperti yang sudah diketahui bahwa terdapat dua jenis motor yakni motor matic dan motor manual. Zaman sekarang, baik laki-laki maupun perempuan lebih sering menggunakan motor matic ketimbang motor manual, karena memang mudah untuk digunakan.

Kebanyakan sekarang motor matic bahan bakarnya tidak lagi memanfaatkan karburator, akan tetapi memilih untuk menggunakan sistem injeksi. Salah satu kelebihan jika memilih menggunakan motor matic sistem injeksi adalah bahan bakar pada motor akan lebih irit.

Salah satu perawatan penting motor jenis ini adalah dengan memastikan bahwa tangki motor selalu dalam posisi terisi bahan bakar. Misalnya, dengan melakukan pengecekan selama dua atau tiga hari sekali jika tangki hampir kosong, maka segeralah untuk diisi ulang.

Ini tentu juga penting dilakukan sebelum bepergian. Agar motor tidak mengalami kerusakan selama perjalanan, maka pastikan mengisi bahan bakar terlebih dahulu jika sudah waktunya diisi.

Melakukan Penggantian Oli Mesin Secara Berkala

Langkah kedua untuk menjaga agar motor matic tetap berfungsi dengan baik adalah melakukan pergantian oli mesin secara rutin atau berkala di bengkel resmi Suzuki (BERES) terdekat guna mengganti oli di mesin apabila kendaraan telah menempuh jarak 1.500 sampai dengan 2.000 Km atau berkisar 2 sampai dengan 3 bulan. Apa yang akan terjadi jika sampai lalai melakukan pergantian oli pada mesin? Tentu saja dengan membiarkannya seperti itu maka elemen yang terdapat di dalam motor akan mengalami kerusakan dan motor bisa saja langsung tidak berfungsi sebagaimana semestinya.

Selalu Memanaskan Motor Sebelum Digunakan

Cara yang tak kalah penting agar motor matic injeksi tetap bisa digunakan secara baik adalah memanaskan motor. Biasakan sebelum bepergian ke manapun, panaskanlah motor terlebih dahulu selama lima sampai dengan sepuluh menit.

Adapun manfaat melakukan hal ini adalah, mesin motor yang akan berfungsi secara stabil dan bahan bakar yang terdapat di dalam motor bisa menyebar ke seluruh bagian mesin. Biasanya, memanasi motor dilakukan di pagi hari.

Periksalah Shock Breaker

Perawatan selanjutnya agar motor matic tetap awet dan berumur panjang adalah dengan melakukan pemeriksaan pada Shock breaker atau yang biasa dikenal sebagai peredam kejut. Peredam kejut ini memiliki fungsi sebagai mengontrol kejutan pada motor ketika sedang digunakan.

Peredam kejut ini berbentuk seperti tabung yang akan menjalankan fungsinya ketika motor akan berbelok atau sedang berada di jalan yang tidak rata. Jika Anda telah melewati perjalanan 10.000 km, alangkah baiknya segera mengganti oli pada bagian shock breaker.

Tentu harus benar-benar mengetahui motor sudah dipakai berapa lama agar tidak terlambat dalam mengganti oli di bagian ini. Jika bingung, bisa mencatat pola perawatan rutinnya di buku service agar lebih mudah mengetahui jadwal penggantiannya.

Pemeriksaan Bagian V-Belt dan Roller

Cara merawat motor matic yang selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian V- Belt dan Roller. Bagian ini fungsinya sama dengan rantai yang terdapat pada motor manual atau pada motor sport, yakni untuk pengantar daya yang berasal dari dalam mesin.

Bagian ini merupakan bagian yang rentan terkena kotoran, sehingga harus melakukan pengecekan rutin. Jika terdapat bunyi dari bagian ini maka gantilah dengan van belt dan roller yang baru.

Penting diketahui jika akan melakukan perjalanan jauh maka pastikanlah jika kedua bagian ini berfungsi dengan baik. Sebab bila kedua bagian ini tidak diperiksa, bisa saja motor akan mengalami gangguan di tengah jalan.

Mengendarai Motor Anda Dengan Benar

Ketika sedang mengendarai motor, lakukanlah dengan cara yang sewajarnya agar motor tetap awet dan berumur panjang. Alangkah baiknya jangan sering menggunakan motor dengan kecepatan di atas rata-rata. Jangan pula sering melakukan pengereman mendadak.

Hal itu bisa membuat motor cepat rusak dan  tentu ini akan merugikan. Apalagi jika sedang berada di masa yang sangat butuh dengan kendaraan. Maka, sebelum kerusakan terjadi, rawatlah motor sebaik mungkin.

Periksalah Keadaan Aki dan Busi Motor Anda

Salah satu penyebab motor tiba-tiba mengalami mogok di tengah jalan adalah karena aki dan busi yang terdapat di dalamnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal itu tentu tidak akan terjadi apabila sering melakukan pengecekan rutin terhadap dua komponen tersebut.

Aki dan busi merupakan komponen penting yang ada di dalam motor, sehingga jika mengalami kerusakan harus segera memeriksakan ke bengkel untuk diganti dengan yang baru. Jangan abaikan aki dan busi dengan tidak merawatnya.

Seringlah Pergi ke Bengkel Melakukan Servis Motor

Cara merawat motor selanjutnya adalah rutin membawa motor ke bengkel resmi Suzuki (BERES). Hal ini untuk membantu mengecek ketika ada komponen di dalam motor yang mengalami kerusakan.

Petugas dari tiap bengkel resmi akan melakukan pemeriksaan seluruh bagian motor. Jika dilakukan perawatan secara rutin, maka motor matic pun akan lebih awet. Hal ini bahkan sangat dibutuhkan bagi motor matic yang memang lebih rentan dan membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan motor manual.

Hindari Membawa Beban yang Terlalu Berat

Selain berfungsi sebagai sarana transportasi untuk mengantar ke berbagai tujuan, motor juga bisa digunakan untuk mengantar barang. Tidak jarang pemilik motor menggunakannya untuk membawa banyak barang bawaan sekaligus.

Akan tetapi, pastikanlah bahwa beban yang dibawa tidak akan mengganggu kerja dari shockbreaker. Jika beban yang dibawa terlalu berlebihan, maka bagian tersebut akan bekerja lebih ekstra dan tentu akan cepat mengalami kerusakan.

Lakukan Perawatan Harian di Rumah

Pada masa pandemi seperti ini umumnya jarang bepergian keluar rumah karena keterbatasan aktivitas hingga melakukan WFH (work from home), akan tetapi bukan berarti motor matic menjadi tidak terawat. Cara merawat motor matic injeksi ketika berada di rumah  sebenarnya cukup mudah. Selain memanaskan motor dan memastikan bahan bakar tersedia, menjaga kebersihan motor selama masa pandemi dan mengecek mandiri beberapa komponen juga tidak kalah penting agar motor tetap terawat jika diperhatikan dengan baik

Lalu, di mana melakukan servis berkala untuk sepeda motor Suzuki?

Tentunya di jaringan Bengkel Resmi SUZUKI (BeReS) adalah jawabannya. Di bengkel resmi SUZUKI perawatan kendaraan berkala dengan kualitas pekerjaan yang maksimal, karena dikerjakan oleh mekanik handal bersertifikat resmi SUZUKI, didukung fasilitas yang lengkap dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa mempertahankan masa berlaku Garansi Resmi (warranty) sesuai panduan dari buku service.

Lokasi Bengkel Resmi SUZUKI (BeReS) di Kaltim tersebar di enam kabupaten kota. Seperti di Jalan A Yani No 9, Balikpapan; Jalan P Antasari No 58 dan Jalan Ir H Juanda No 23 Samarinda; Jalan KH Mukhsin No 20, Tenggarong; Jalan Yos Sudarso II, Sangatta, Kutai Timur; Jalan A Yani No 35, Bontang; dan Jalan Patimura Melak, Kutai Barat. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

 

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar