PARIWARA

Momen Peresmian Gedung PKK Batuah, Dorong Kaum Ibu Berperan dalam Pembangunan Desa

person access_time 3 months ago remove_red_eyeDikunjungi 853 Kali
Momen Peresmian Gedung PKK Batuah, Dorong Kaum Ibu Berperan dalam Pembangunan Desa

Seremoni peresmian Gedung PKK Desa Batuah, pada 18 Februari 2020. (istimewa)

Setelah pelantikan, TP-PKK Desa Batuah diharap segera melaksanakan kegiatan-kegiatan yang terfokus pengembangan dan pemberdayaan ibu-ibu sesuai bidangnya.

Ditulis Oleh: Robithoh Johan Palupi
20 Februari 2020

kaltimkece.id Suasana riuh begitu terasa di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Batuah, Loa Janan, Kutai Kartanegara. Puluhan perempuan tampak lebih antusias pada Selasa, 18 Februari 2020 lalu. Saat siang menjelang, Gedung BPU Batuah pun semakin meriah.

Adalah pelantikan pengurus TP-PKK dan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sebagai sebabnya. Tak hanya untuk satu desa, tapi pelantikan se-Kecamatan Loa Janan, dipusatkan di gedung tersebut. Alasan dari Camat Loa Janan, Muhaji, saat berkoordinasi dengan Kepala Desa Batuah, Abdul Rasyid, ST, karena ingin membangun silaturahmi lebih intens antarpengurus TP-PKK di kecamatan yang dipimpinnya.

Muhaji pun tak sungkan memberikan pujian kepada TP PKK Desa Batuah. Pasalnya, meski baru dibentuk dan dilantik, ternyata langsung bergerak cepat. Seperti meresmikan gedung dan kelengkapan di dalamnya.

“Begitu saya telepon Pak Kades Batuah (Abdul Rasyid, ST), bagaimana kalau pelantikan PPK serentak dilaksanakan di Batuah? Pak Kades mengatakan Batuah selalu siap dan Bapak serahkan ke Batuah, Insya Allah aman,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Desa Batuah Evi Wardhana SKom mengatakan, pelantikan pengurus TP-PKK serentak merupakan momen untuk menampilkan potensi di Batuah, khususnya melalui sentuhan tangan ibu-ibu anggotanya. Itu juga dibuktikan dengan ditampilkannya beragam hasil kreasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Batuah saat kegiatan tersebut. “Batuah ingin berbenah dan momen ditunjuk sebagai tuan rumah harus dibuktikan,” katanya.

Ditambahkan ibu satu anak tersebut, setelah pelantikan segera dilaksanakan kegiatan-kegiatan yang terfokus pengembangan dan pemberdayaan ibu-ibu sesuai bidangnya. “Kami ada beberapa Pokja (kelompok kerja) yang semuanya harus berjalan. Bahkan nantinya setiap Pokja akan dijadwal untuk datang ke Gedung PKK sambil monitoring program, terutama program yang akan dilaksanakan. Pokoknya semua pengurus harus aktif agar program berjalan maksimal,” imbuhnya.

Kades Batuah Abd Rasyid, ST, mengutarakan keinginannya agar peran PKK dalam membangun Batuah juga terlihat. Dalam pembangunan peran perempuan memang harus dilibatkan. “Intinya, saya yakin ibu-ibu Batuah mampu mengambil peran dan haqqul yakin hasilnya pasti luar biasa. Saya ucapkan selamat dan sukses atas pelantikannya dan mari kita bekerja sama untuk kemajuan Batuah,” harapnya.

Turut hadir pada acara pelantikan TP-PKK dan Bunda Paud se-Loa Janan, yakni Perwakilan TP-PKK Kukar, Perwakilan DPMD Kukar, Kapolsek Loa Janan, Wadanramil Loa Janan, Ketua BPD Batuah, Ketua LPM Batuah, Perwakilan perusahan yang beroperasi di Batuah, tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh perempuan. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar