Pariwara DPRD Bontang

Selama Bertahun-Tahun, SD di Kutim Dibiayai Pemkot Bontang

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 142 Kali
Selama Bertahun-Tahun, SD di Kutim Dibiayai Pemkot Bontang

Suasana SD 003 Bontang Barat. (foto: istimewa)

Meski berdiri di Kutim, sekolah dasar ini menyandang nama Bontang. Operasiolnya pun dibiayai Pemkot Bontang.

Ditulis Oleh: PARIWARA
27 November 2021

kaltimkece.id Lokasi SD 003 Bontang Barat yang berdiri di Kecamatan Teluk Pandan, Kutai Timur, disoal wakil rakyat. Masalahnya, meski berada di luar daerah, operasional sekolah dasar tersebut didanai Pemkot Bontang. Rencana pemindahan sekolah pun mengemuka.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Bontang, Raking, mengatakan, selama bertahun-tahun, sekolah yang berada di Jalan Poros Bontang-Samarinda itu dibiayai APBD Bontang. Padahal, gedung sekolahnya berada di Kutim. Komisi I disebut pernah menyampaikan masalah ini kepada Dinas Pendidikan Kutim. Hasil pembahasan, beber Raking, Disdik Kutim menyatakan bersedia mengelola SD 003 Bontang Barat.

“Untuk mekanisme pemindahan guru-gurunya, nanti terserah saja. Apakah ditarik ke Bontang atau Kutim,” kata politikus Partai Berkarya itu, beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, Komisi I meminta Dinas Pendidikan dan Budaya Kutim segera menindaklanjuti rencana pemindahan tersebut. Diharapkan, pemindahan bisa direalisasikan tahun depan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar dari Disdikbud Bontang, Saparudin, menyatakan mendukung pemindahan sekolah tersebut. Rencana inipun dikabarkan mendapat restu dari Bagian Hukum Pemkot Bontang dan Inspektorat Daerah. “Kami juga sudah berkunjung ke Disdik Kutim untuk membahasnya,” lapor Saparudin.

Dia turut membenarkan, setiap tahun, Bontang menganggarkan Rp 2 miliar untuk operasional SDN 003 Bontang Barat. Anggaran tersebut digunakan untuk bantuan operasional sekolah (BOS), insentif guru, tambahan penghasilan pegawai, dan gaji tenaga pendidik. (*)

Editor: Surya Aditya

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar