Pariwara DPRD Kukar

45 Orang Legislator DPRD Kukar Ikuti Orientasi DPRD se-Kaltim

person access_time 7 months ago remove_red_eyeDikunjungi 1048 Kali
45 Orang Legislator DPRD Kukar Ikuti Orientasi DPRD se-Kaltim

Gubernur Kaltim Isran Noor saat membuka orientasi anggota legislatif se-Kaltim gelombang III. (istimewa)

130 anggota legislatif dari DPRD se-Kaltim menjalani orientasi dan pembekalan anggota dewan di Balikpapan. Orientasi yang kerap dilaksanakan di awal masa jabatan.

Ditulis Oleh: Fachrizal Muliawan
30 September 2019

kaltimkece.id Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Kartanegara (DPRD Kukar) periode 2019-2024 menjalani orientasi anggota dewan di Balikpapan pada 29 September hingga 3 Oktober 2019. Acara yang dihelat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim di Hotel Grand Senyiur, Balikpapan. 

Tak hanya Kukar, legislator Samarinda dan Kutai Timur juga mengikuti orientasi ini. Sekretaris DPRD Kukar M Ridha Dharmawan menuturkan, beberapa legislator daerah lain sudah mengikuti orientasi gelombang sebelumnya. "Kukar, Samarinda, dan Kutim masuk di gelombang tiga," terangnya. 

Materi yang diberikan meliputi pendalaman ideologi Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. "Juga ada pengenalan wewenang dan fungsi DPRD," terangnya. Ada pula pengembangan sumber daya manusia. Ridha menuturkan, orientasi seperti ini selalu dilaksanakan pada awal masa jabatan seperti sekarang. Dia menambahkan, anggota DPRD Kukar yang sudah menjabat pada periode 2014-2019 tentu sudah pernah mengikuti orientasi seperi ini. "Mesti ikut lagi, hitung-hitung penyegaran," terangnya.

Ridha menuturkan, total ada 130 peserta dari tiga kabupaten/kota tersebut. Seluruhnya dibagi dalam tiga kelas. Saat pembukaan orientasi pada Ahad, 29 September 2019, Gubernur Kaltim Isran Noor membuka orientasi tersebut. Isran mengingatkan, para anggota legislatif mesti konsisten memperjuangkan aspirasi rakyat. Sesuai dengan amanah yang diberikan. 

Sementara itu, Plt BPSDM Kaltim Aswin menyebut, ini adalah salah satu bentuk peningkatan sinergitas penyelenggara daerah. Diharap saat sinergitas antara DPRD dan pemerintah daerah terjalin, optimalisasi kinerja bisa terwujud. Aswin melanjutkan, narasumber orientasi berasal dari akademisi, pejabat fungsional, serta dari BPSDM Kaltim. (*)

 

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar