Pariwara DPRD Kukar

Bentuk Kecamatan Baru di Kukar, Berikut Luas Wilayahnya

person access_time 6 months ago remove_red_eyeDikunjungi 1369 Kali
Bentuk Kecamatan Baru di Kukar, Berikut Luas Wilayahnya

Alif Turiadi (baju batik) ketika memberikan kenang-kenangan kepada staf ahli bidang sosial dan pengembangan SDM Pemkot Balikpapan Fahruddin. (istimewa)

Dengan luas daratan 27.263,10 kilometer persegi, sudah waktunya Kukar membentuk kecamatan baru. Guna mendekatkan pelayanan pemerintahan ke masyarakat.

Ditulis Oleh: Sapri Maulana
21 November 2019

kaltimkece.id Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi memaparkan luasan wilayah di Kukar dan dua Kecamatan yang ingin dimekarkan. Menurut Alif, Kabupaten Kutai Kartanegara sangat luas, luas wilayah 27.263,10 kilometer persegi, dan luas perairan sekitar 4.097 kilometer persegi yang dibagi dalam 18 wilayah kecamatan, serta 225 desa atau kelurahan.

Sedangkan Kecamatan Samboja memiliki luas wilayah mencapai 1.045,90 kilometer persegi yang dibagi dalam 21 kelurahan. Kecamatan lain yang ingin dimekarkan adalah Kota Bangun memiliki luas wilayah mencapai 1.143,74 kilometer persegi yang dibelah Sungai Mahakam dan Sungai Belayan serta terletak di tepi Danau Semayang dan Danau Melintang. Alif mengungkapkan,sebagai sebuah organisasi perangkat daerah, pemerintah kecamatan mempunyai kedudukan yang cukup strategis dan memainkan peran fungsional dalarn pelayanan dan administrasi pemerintahan, pembangunan, serta kemasyarakatan.

Rentang kendali pemerintahan yang terlalu jauh menjadi salah satu faktor pendorong yang melahirkan aspirasi masyarakat dalam pembentukan suatu desa. Jarak yang terlalu jauh menuju pusat pemerintahan Kecamatan untuk mendapatkan jasa dan pelayanan pemerintah serta birokrasi yang terlalu panjang, dipandang sebagai suatu masalah yang menyebabkan lambannya peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Solusinya adalah dengan melakukan pembentukan kecamatan baru, sehingga masyarakat sebagai pelanggan lebih dekat dengan pemberi layanan dan berharap mendapat pelayanan lebih prima yang nantinya berdampak positif dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat," tutur Alif.

Pembentukan pansus, termasuk pansus pembentukan kecamatan telah dibentuk sejak pekan pertama November tahun ini. Ketua Pansus Pembentukan Kecamatan Kota Bangun Darat ialah Supriyadi yang juga merupakan ketua komisi I DPRD Kukar,  dan Ketua Pansus Pembentukan Kecamatan Samboja Barat ialah Hamdan. (*)

 

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar