Pariwara DPRD Kukar

Sudah Waktunya Kukar Melirik Industri Kreatif

person access_time 3 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 56 Kali
Sudah Waktunya Kukar Melirik Industri Kreatif

Anggota DPRD Kukar dari komisi II, Sopan Sopian. (istimewa)

Sudah bertahun-tahun Kukar menggantungkan ekonomi dengan industri ekstraktif. Sudah waktunya Kukar melirik sektor lain.

Ditulis Oleh: Fitri Komariah
21 Oktober 2019

kaltimkece.id Dikutip dari bekraf.go.id, Kutai Kartanegara atau Kukar dinilai memiliki ekosistem ekonomi kreatif terbaik di luar Jawa, terlebih untuk subsektor seni pertunjukan. Mestinya hal ini menjadi modal Kukar melihat ekonomi kreatif menjadi sumber daya ekonomi baru. 

Menurut anggota Komisi II DPRD Kukar Sopan Sopian, sekarang bukan saatnya lagi Kukar bergantung pada sumber daya alam. Sopian menilai Kukar perlu belajar dari Bali dan Jawa Timur. "Mereka menjadikan budaya mereka memiliki nilai ekonomi," jelasnya. 

Dia mengharapkan Kukar juga bisa mencontoh hal tersebut. Misal, penampilan seni budaya saat Erau. Disebut olehnya, jangan hanya saat Erau saja ada penampilan kebudayaan.  Menurutnya, nilai ekonomi dari suatu kebudayaan harus datang terus menerus agar napas industri kreatif terus berjalan.

Sopian tak memungkiri, perkembangan industri kreatif bukan sektor instan. Mesti dibangun dari sekarang. Kesinambungan antara sektor industri kreatif A harus ada jalur ke sektor B. Dia mencontohkan, di Muara Muntai terdapat UKM Center. Sebagai pusat segala jenis kerajinan tangan di Muara Muntai, UKM Center mestinya bisa memasok kebutuhan-kebutuhan menyangkut pagelaran senin budaya. Nah, UKM Center mestinya bisa menjembatani para pengrajin dengan konsumennya.

 

Sopian menuturkan, hal ini mestinya segera dibahas. "Nanti kalau ada pertemuan dengan bupati saya mau bicarakan masalah ini," tambah Sopian. Perlunya peningkatan akan ekonomi kreatif sudah jadi pertimbangan di Komisi II DPRD Kukar. Sopian juga menyebutkan akan mengusahakan bila perlu penganggaran untuk pemajuan ekonomi kreatif di APBD perubahan (*)



folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar