kaltimkece.id Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur terus lakukan perkembangan dan perluasan pelayanan. Mulai dari memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah perkotaan hingga membuka pemasangan jaringan sampai ke tingkat kecamatan. Pimpinan PDAM Tirta Tuah Benua tak henti membuat terobosan demi peningkatan pemenuhan kebutuhan air bersih untuk masyarakat.
"PDAM Tirta Tuah Benua Kutim, khusus di Cabang Sangatta Utara telah melakukan uji coba One Day Service pada proses pemasangan baru. Itu mulai diberlakukan sejak 2018 lalu," jelas Pjs Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan, beberapa waktu lalu.
Suparjan menerangkan, One Day Service adalah suatu program inovasi atau terobosan baru PDAM. Khusus untuk proses penyambungan baru langganan air bersih PDAM. Namun menurutnya, saat ini masih berlaku hanya untuk wilayah Sangatta Utara saja. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan layanan One Day Service, calon pelanggan tinggal datang ke kantor PDAM Cabang Sangatta Utara, di Jalan Agus Salim, dekat SD Negeri 001 Sangatta Utara untuk mendaftar. Dengan membawa kelengkapan berkas yang dibutuhkan.
"Bagi yang mau mendaftar harus membawa foto copy KTP, Kartu Keluarga, surat tanah atau IMB, materai 6.000 serta foto copy rekening air tetangga terdekat, serta kelengkapan lainnya," jelas Parjan.
Apabila persyaratan dipenuhi, lanjut Parjan, PDAM langsung melakukan survei melibatkan petugas lapangan. Kemudian calon pelanggan melakukan pembayaran sambungan langganan (SL) baru dikasir atau di Bank Kaltimtara. Setelah dilakukan pembayaran, akan dikeluarkan surat perintah kerja (SPK) pemasangan SL.
“Pelayanan dalam satu hari ini berlaku, apabila proses pendaftaran dilakukan calon pelanggan sebelum jam 12 siang. Bila melewati jam 13.00, pemasangan akan dilakukan esok harinya," imbuhnya. (pariwara/hms15)