Pariwara Mahakam Ulu

Antusiasme Murid SD di Perbatasan Mengikuti Vaksinasi Covid-19, Perluas ke Kampung-Kampung

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 178 Kali
Antusiasme Murid SD di Perbatasan Mengikuti Vaksinasi Covid-19, Perluas ke Kampung-Kampung

Vaksinasi massal anak usia 6 sampai 12 tahun di dua kecamatan di Perbatasan Malayasi di Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai. Dok Prokopim Mahulu.

Antusiasme murid mengikuti vaksinasi Covid bagi anak usia 6 sampai 12 tahun tinggi. Sinyal PTM aman semakin kuat. 

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
15 Januari 2022

kaltimkece.id Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 12 tahun terus digenjot di Kabupaten Mahakam Ulu. Upaya ini sebagai bentuk dukungan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Di dua kecamatan yang berbatasan dengan negeri Jiran Malaysia, yakni Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari, ratusan murid antusias mengikuti vaksinasi yang dilangsungkan pada 11 dan 12 Januari 2022.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) Drg Agustinus Teguh Santoso mengatakan, vaksinasi Covid-19 penting diberikan kepada anak-anak yang merupakan salah satu kelompok rentan terhadap paparan Covid-19.

Langkah ini sebagai bagian pemerintah dalam upaya membentuk kekebalan populasi di kabupaten termuda di Bumi Mulawarman ini. Terlebih pada Januari 2022 para murid dan siswa di bumi Urip Kerimaan mulai melaksanakan belajar tatap muka setelah libur semester. 

Vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 12 yang digelar di dua kecamatan di perbatasan ini digelar Pemkab melalui Dinas Kesehatan P2KB bekerja sama dengan Badan Intelijen Daerah (Binda Kaltim). Vaksinasi ini merupakan rangkaian vaksinasi bagi murid dan pelajar yang sebelumnya sudah digelar sejak 17 Desember 2021 lalu. Sasarannya anak-anak sekolah di lima kecamatan di Mahakam Ulu. 

Teguh – sapaan karibnya menyampaikan vaksinasi dosis 1 bagi anak sekolah di dua kecamatan diikuti 670 anak. Perinciannya peserta di Kecamatan Long Apari sebanyak 320 anak. Sementara di Kecamatan Long Pahangai sebanyak 350 anak. Hanya saja Teguh menyampaikan jumlah peserta baru meliputi anak-anak yang berdomisili di kecamatan dan SD yang kebanyakan dekat dengan ibu kota kecamatan. 

“Untuk selanjutnya, kita sudah perintahkan untuk dilanjutkan ke SD yang ada di kampung-kampung di wilayah kerja 5 Puskemas di masing-masing kecamatan,” ujar Teguh. 

Sepanjang pelaksanaan, pria ramah senyum ini menyampaikan antusiasme anak dan orang tua di seluruh kecamatan di Mahulu sangat tinggi mengikuti vaksinasi. Ini terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar dan mengikuti vaksinasi dosis 1 bagi anak. Salah satu contohnya, tercatat ada 850 anak menerima vaksin ketika vaksinasi perdana bagi anak di ibu kota kabupaten di Kampung Ujoh Bilang. 

Rencananya vaksinasi dosis ke 2 di Kampung Ujoh Bilang akan dilangsungkan tanggal 15 Januari 2022. Namun tetap dibuka kesempatan suntikan pertama bagi anak-anak usia 6 sampai 12 tahun. 

“Sehingga nantinya diharapkan anak-anak bisa bersekolah secara normal kembali dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” harapnya.

Oleh karena itu, Pemkab Mahulu berharap orang tua dan wali murid terus mendukung program vaksinasi ini. Selain membantu menciptakan kekebalan populasi juga mendukung PTM dan mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. 

“Nantinya kami berharap guru-guru bisa dilakukan booster vaksinasi ketiganya sehingga  Pemerintah merasa aman , orang tua juga merasa tenang juga melepas anak-anaknya untuk sekolah karena teman-teman dan guru nya sudah divaksin semua,” tuturnya.

Salah satu orang tua murid Lilis Suriyani Bulan mengaku senang putra dan putrinya telah menerima vaksin dosis I dan akan menerima dosis II. Perempuan 28 tahun ini yakni vaksinasi yang bertujuan untuk lebih mengurangi dampak penularan Covid-19 kepada anaknya melalui pembentukan herd immunity dan menjadi salah satu faktor anak sekolah tatap muka dengan aman. 

“Sehingga masyarakat bisa lebih aman beraktivitas tanpa hambatan dan besar harapan kami agar kehidupan bisa kembali normal dan pulih kembali,” kuncinya. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar