Pariwara Mahakam Ulu

Beras Khas Mahulu jadi Bukti Nyata Inovasi Cinta Produk Lokal

person access_time 7 months ago
Beras Khas Mahulu jadi Bukti Nyata Inovasi Cinta Produk Lokal

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, menghadiri Pembukaan Business Matching Tahap IV, Percepatan Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri oleh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah dan BUMN, di Gedung Convention Center (BNDCC) Nusa Dua Bali,

Beras khas Mahulu menjadi bukti inovasi cinta produk lokal.

Ditulis Oleh: PARIWARA
Sabtu, 08 Oktober 2022

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, menghadiri Pembukaan Business Matching Tahap IV, Percepatan Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri oleh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah dan BUMN, di Gedung Convention Center (BNDCC) Nusa Dua Bali. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, tanggal 6-7 Oktober 2022, diisi beberapa dialog dan pemeran produk-produk dalam negeri.

Kegiatan yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan. Dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Aslog Polri Irjen Argo Yuwono, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, sejumlah jajaran Kapolri, Kapolda hingga Gubernur dan Bupati.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh menyampaikan program yang disampaikan pemerintah pusat sangat bagus. Sebab, lebih menekankan seluruh lembaga mulai dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan BUMN untuk menggunakan produk dalam negeri.

“Tentunya hal ini sangat kita dukung selaku pemerintah daerah khususnya Pemerintah Kabupaten Mahulu sangat setuju dengan tujuan dari program ini,” kata Bupati usai mengikuti acara didampingi Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Josman.

Dukungan ini menjadi penting agar pelaku industri mulai dari skala kecil sampai besar dapat berkembang. “Maka diharapkan hal ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19 pasti lebih cepat pulih,” harapnya.

Sebagai bukti nyata dukungan, Pemkab Mahulu telah membuat beberapa program yang merangsang belanja produk dalam negeri berbasis kampung/desa. Salah satunya, merangsang produksi beras khas Mahulu yang baru saja diluncurkan beberapa bulan lalu.

“Produk beras khas Mahulu ini adalah salah satu bukti kita mendukung program ini,” ujar bupati.

Langkah ini sejalan dengan yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam forum itu, Luhut meminta seluruh pihak menggunakan produk dalam negeri dengan terus memperbaiki kualitasnya.

“Langkah seperti ini saya akan minta, jadi kita semua kompak. Apalagi impor-impor terus, bisa (pakai produk) dalam negeri. Ya kurang – kurang enak sedikit ya kita perbaikilah, lama-lama enak juga barangnya,” kata Luhut.

Diketahui Presiden Jokowi telah menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Dan Produk Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi dalam rangka menyukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia pada salinan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Proses pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah merupakan aktivitas rutin dalam rangka pemenuhan kebutuhan guna menjalankan roda pemerintahan dalam melaksanakan pembangunan nasional. Hal ini guna meningkatkan optimalisasi pelayanan kepada publik,” tambahnya.

Selanjutnya, Luhut juga menyoroti soal pentingnya upaya pemakaian produk dalam negeri. Tentu hal ini akan diupayakan seefisien mungkin untuk mengurangi belanja impor.

“Saya memandang bahwa gerakan afirmasi PDN (produk dalam negeri) yang kita lakukan merupakan terobosan yang luar biasa, inovasi digitalisasi dan konsolidasi belanja melalui e-katalog telah mendukung efisiensi belanja yang menurunkan korupsi dan biaya transaksi,” katanya. (Prokopim/aim/td)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait

Pariwara Pemkab Kukar

BUMDes Lebak Mantan Produksi Tusuk Sate

access_time1 day ago

Pariwara Mahakam Ulu

KPK Nilai Pembangunan Mahulu Relatif Baik

access_time1 day ago

Pariwara Mahakam Ulu

Rancangan Awal Perubahan RPJMD Mahulu

access_time3 weeks ago

Pariwara Mahakam Ulu

Pentingnya Data Untuk Pembangunan Mahulu

access_time4 weeks ago

Pariwara Mahakam Ulu

18 Kafilah MTQ Mahulu Berjuang di MTQ Kaltim

access_time3 weeks ago

Tinggalkan Komentar