Pariwara Mahakam Ulu

Beras Mayas Khas Mahulu buat Wakil Gubernur Kaltim Terkesan

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 83 Kali
Beras Mayas Khas Mahulu buat Wakil Gubernur Kaltim Terkesan

Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh memberikan contoh beras khas Mahulu kepada Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. (dok Prokopim Mahulu)

Wagub Hadi Mulyadi mengapresiasi Pemkab Mahulu yang berhasil memproduksi kebutuhan pangan sendiri

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
Jum'at, 05 Agustus 2022

kaltimkece.id Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh mempromosikan Beras Mayas khas Mahulu Bumi di event tingkat nasional. Produk pertanian petani Bumi Urip Kerimaan itu dipamerkan langsung kepada Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi. Orang nomor 2 di lingkungan Pemprov Kaltim itu begitu kagum dan terkesan. Kabupaten paling muda di Kaltim itu berhasil menunjukkan hasil produksi ketahanan pangannnya. 

"Tentu yang diberikan secara simbolis hari ini hanya padi beras seberat 5 kilogram, tetapi saya yakini hasilnya berton-ton. Kita perlu apresiasikan ini,” ucap Wagub Hadi pada Puncak Pembukaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ke-50 dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong (BBGRM) Ke-19 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), di Gedung BSSC Dome. Rabu, 3 Agustus 2022. 

Bupati Bonifasius Belawan Geh menyampaikan beras itu diproduksi para petani lewat program pertanian ladang menetap 10 hektate per kampung. Program prioritas ini sengaja dijalankan Pemkab Mahulu bersama kampung untuk menciptakan ketahanan dan swasembada beras. 

“Maka target ke depannya paling lama 3 tahun itu kami swasembada pangan, dan kami juga menargetkan untuk lebih banyak lagi memproduksi lebih dari kebutuhan pangan agar dapat meningkatkan ekonomi daerah,”ungkap Bupati Bonifasius. 

_____________________________________________________INFOGRAFIK

Dalam kesempatan itu, bupati tak lupa mengucapkan Selamat Memperingati HKG PKK Ke-50 dan BBGRM Ke-19. Tak lupa ucapan selamat kepada TP.PKK Mahulu yang telah meraih kemenangan dibeberapa kegiatan lomba yang telah diselenggarakan.

“Ini merupakan awal yang baik untuk TP.PKK Mahulu, agar ke depan dapat meraih lebih banyak lagi hadiah dan kejuaraan di setiap lombanya,” harapnya.

Peringatan HKG dan Pencanangan BBGRM ke 19 Kaltm di Kota Balikpapan dirangkai sejumlah kegiatan. Di antaranya ; Penyerahan Penghargaan dan Penyerahan Secara Simbolis alat-alat gotong royong, Penyerahan Secara Simbolis Bibit Pohon Buah, dan Piala Gubernur Provinsi Kaltim. Kegiatan ini diikuti 7 kepala daerah di Kaltim.

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar