Pariwara Mahakam Ulu

Berbagai Langkah Satgas Covid-19 Mahulu Antisipasi KIPI Vaksin Moderna Untuk Kali Perdana

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 249 Kali
Berbagai Langkah Satgas Covid-19 Mahulu Antisipasi KIPI Vaksin Moderna Untuk Kali Perdana

KIPI usai vaksinasi moderna biasanya demam dan kurang enak badan. istimewa

KIPI usai vaksinasi moderna biasanya demam dan kurang enak badan. Sebagian besar ditangani dengan baik. 

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
26 Agustus 2021

kaltimkece.id Pemerintah Kabupaten dan Satgas Covid-19 Mahulu mulai menyuntikan vaksin Moderna. Seperti vaksinasi sebelumnya yang menggunakan vaksin bermerek Sinovac, Satgas Covid-19 Mahulu telah mengantisipasi jauh hari potensi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). 

Vaksin Moderna buatan perusahaan farmasi asal Amerika Serikat itu diberikan kepada 500 warga Mahulu dalam acara vaksinasi massal serentak menyambut kedatangan Presiden Jokowi ke Kaltim, Selasa, 24 Agustus 2021 kemarin. Vaksinasi massal serupa digelar serentak di 10 kabupaten kota di Kaltim. 

Ketua Satgas Covid-19 Mahulu, Bonifasius Belawan Geh melalui Kapala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, drg Agustinus Teguh Santoso menyampaikan, KIPI Moderna biasanya berupa demam. 

Karena itu, sebelum divaksin, setiap orang wajib diperiksa kesehatannya. Begitu pula, setelah divaksin setiap orang diberikan stok obat dan vitamin untuk mengantisipasi KIPI. Biasanya keluhan seperti demam dan kurang enak badan.

“Karena itu, semua yang divaksin Moderna, pulangnya diberi paracetamol, vitamin C dan D,” ujar Teguh. 

Begitu pula, tim kesehatan juga memberi kontak layanan dan tim pemantatu kesehatan di puskemas dan rumah sakit. Terkhusus bagi peserta vaksinasi yang menderita demam dan tidak enak badan lebih dari sehari. 

“Biasanya demam sehari saja. Kalau demam lebih dari sehari lebih baik konsultasi ke puskemas atau rumah sakit,” ujarnya. “Sebagian besar bisa dikendalikan dengan baik,” sambungnya. 

Sebelumnya, Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh menyampaikan, percepatan vaksinasi di Mahulu agar mempercepat terbentuknya kekebalan komunal. Kondisi ini penting menuju kehidupan normal baru di kabupaten berjuluk Urip Kerimaan ini. (*)

 

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar