Pariwara Mahakam Ulu

Bupati Mahulu Ingatkan Prioritas Pembangunan di Kampung Libatkan Masyarakat

person access_time 6 months ago remove_red_eyeDikunjungi 246 Kali
Bupati Mahulu Ingatkan Prioritas Pembangunan di Kampung Libatkan Masyarakat

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh saat berkunjung ke Kampung Long Merah, Kecamatan Long Bagun. (adolf reisha ding/kaltimkece.id)

Aparatur kampung diingatkan untuk memprioritaskan pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Ditulis Oleh: Adolf Reisha Ding
12 Desember 2019

kaltimkece.id Fondasi Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) adalah pemerintah kampung. Demi terciptanya kesejahteraan seperti misi Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, gotong royong dan peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan.

Saat kunjungannya ke Kampung Long Merah, Kecamatan Long Bagun, dalam rangka penutupan Bulan Bakti Gotong Royong 2019, Boni—sapaan Bonifasius, menuturkan bahwa program tersebut menekankan keberadaan individu yang tidak bisa hidup sendiri. Baik secara individual maupun pemerintah.

Oleh sebabnya, pemerintah melalui dana APBN dan APBD dengan program Alokasi Dana Desa atau Bantuan Keuangan, diharapkan mendorong antusiasme warga. Untuk terlibat langsung di setiap kegiatan kampung. 

Menurut Bonifasius Belawan Geh, keadaan masyarakat Mahulu saat ini masih sangat teguh terhadap gotong royong. “Tingginya antusias dari berbagai kaum bisa dilihat khususnya acara adat. Kita saling bahu-membahu demi terselenggaranya acara itu,” ucapnya.

Adapun di sektor sosial dan ekonomi masyarakat, ia mengingatkan kepada setiap aparatur kampung, khususnya petinggi, untuk memilih dan wajib menyelenggarakan pembangunan yang langsung bisa dirasakan masyarakatnya. Juga harus melibatkan seluruh masyarakat dalam musyawarah perencanaan kampung.

Kemudian, Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) harus bersinergi dengan pemerintah kampung ataupun petinggi untuk melakukan pengawasan dan ikut ambil bagian sebagai Tim Kerja Terpadu, serta pengelolaan dana kampung harus taat administrasi. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar