Pariwara Mahakam Ulu

Bupati Mahulu Minta Petinggi dan Camat Proaktif Percepat Realisasi Anggaran Kampung

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 227 Kali
Bupati Mahulu Minta Petinggi dan Camat Proaktif Percepat Realisasi Anggaran Kampung

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh meminta seluruh petinggi kampung dan camat pro aktif memfasilitasi percepatan penyerapan dan pengelolaan keuangan pemerintah kampung.

Pengajuan, realisasi dan pelaporan anggaran kampung harus cepat dan cermat.

Ditulis Oleh: PARIWARA
Kamis, 08 Desember 2022

kaltimkece.id Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh meminta seluruh petinggi kampung dan camat pro aktif memfasilitasi percepatan penyerapan dan pengelolaan keuangan pemerintah kampung. Agar tak tersendat, bupati berpesan agar para camat dan petinggi tidak saling menunggu dokumen pengajuan dan verifikasi keuangan kampung.  

Pesan ini disampaikan Bupati Bonifasius ketika memimpin Rapat Evaluasi Pengelolaan Keuangan Kampung tahun anggaran 2022 di Ruang Rapat Bappelitbangda Mahulu, Senin, 5 Desember 2022. Rapat yang difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) itu mengundang sejumlah perwakilan OPD terkait dan seluruh camat di Mahulu.

Dalam rapat hari itu, bupati memantau langsung rekapitulasi progres serapan, tahapan dan keberadaan dokumen pencairan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APB) kampung per 2 Desember 2022.

Meliputi Alokasi Dana Kampung (ADK) yang terbagi dalam tiga tahap pencairan, Dana Desa, Bantuan Keuangan Kabupaten dan Provinsi. Sejumlah dokumen pengajuan APB dari 50 kampung itu diajukan dan diverifikasi berjenjang. Mulai dari kampung, kecamatan dan kabupaten.

Kepada para petinggi, bupati memerintahkan segera mempercepat realisasi program kegiatan sebelum tutup buku anggaran 2022. Ini bertujuan agar proses pengajuan surat pertanggungjawaban segera diproses. Sehingga proses pengajuan dan verifikasi berkas di kecamatan juga cepat.

“Ini demi kesejahteraan dan hajat hidup orang banyak. Kemajuan kampung harus kita upayakan,” tegas bupati.

Kepada para camat, bupati meminta mereka jemput bola berkoordinasi dengan para petinggi terkait pengajuan dokumen pengajuan APB kampung. Jangan saling menunggu. Para camat, sambung bupati diminta cermat dan cepat melihat realisasi kegiatan langsung di lapangan.

“Saya minta pak camat pro aktif. Kalau ada berkas masuk, diverifikasi dan lainnya ada hal yang kurang, tolong panggil petingginya. Selesaikan berkasnya 2 sampai 3 hari,” pesan bupati dalam pertemuan itu.

Camat Long Pahangai, Long Apari, dan Long Bagun yang hadir dalam rapat berkomitmen segera menindaklanjuti dokumen pengajuan yang masih berada di kecamatan. Dari pengalaman sebelumnya, memang membutuhkan waktu memverifikasi dokumen.

Mendengar hal tersebut, Bupati Bonifasius Belawan Geh meminta DPMK membantu verifikasi dokumen pengajuan di kecamatan. Kepala DPMK Mahulu, Damianus Tamha menyanggupi permintaan itu.

Ia siap menurunkan personel tim pendamping kampung Gerbangmas Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Mandiri (P2MKM) di bawah komando dinasnya untuk membantu.

"Tim kami siap turun diperbantukan beberapa hari ke depan,” ujar Tamha. (*) 

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar