Pariwara Mahakam Ulu

Bupati Mahulu Serahkan Piagam Penghargaan Nasional kepada RS Gerbang Sehat Mahulu

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 231 Kali
Bupati Mahulu Serahkan Piagam Penghargaan Nasional kepada RS Gerbang Sehat Mahulu

Bupati Mahulu menyerahkan piagam penghargaan kepada perwakilan RS GSM atas prestasi tingkat nazionale sebagai FKTP paling berkomitmen dalam pelayanan terhadap peseta JKN

Prestasi membanggakan ini menjadi kado manis peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 57 di Mahulu. 

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
24 November 2021

kaltimkece.id Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh menyerahkan piagam penghargaan kepada perwakilan Rumah Sakit Gerbang Sehat Mahulu. Penghargaan tingkat nasional itu diberikan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Rumah sakit yang didirikan Pemkab Mahulu itu berhasil menyandang Fasilitas Kesehatan Tingkat D Pratama paling berkomitmen dalam pelayanan peserta JKN-KIS di Indonesia. 

Penyerahan penghargaan berlangsung usai menggelar senam bersama memperingati puncak Hari Kesehatan Nasional ke 57 di alun-alun Ujoh Bilang, Jumat, 19 November 2021. Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh bupati kepada perwakilan RS GSM. “Selamat ya, semoga semakin semangat memberi pelayanan,” kata bupati kepada perwakilan RS GSM saat penyerahan piagam. 

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Mahulu, Yohanes Avun juga didapuk menyerahkan piagam penghargaan kepada lima Puskemas sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama daerah terpencil dari BPJS Kesehatan. 

Prestasi yang diterima RS GSM tentu sangat membanggakan bagi kabupaten termuda di Kaltim ini. Penghargaan ini diumumkan dalam kegiatan BPJS Kesehatan Award pada Kamis, 14 Oktober 2021 lalu. Acara yang digelar secara daring dan luring itu dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan dan Direktur Mutu dan Akreditasi Kemeterian Kesehatan. 

Kepala Dinas Pengendalian Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Mahulu, drg Agustinus Teguh Santoso sempat tak menyangka RS GSM bisa meraih prestasi ini. Mengingat, empat kriteria penilaian yang diprasyaratkan panitia – BPJS Kesehatan pusat cukup ketat. 

Variabel penilaian mencakup capaian skrining kesehatan, kontak tidak langsung (kontak sakit dan sehat) semua media tidak langsung, waktu respon dokter dalam fasilitas layanan menggunakan aplikasi mobile JKN Faskes dan pemanfaatan antrean online terkoneksi melalui mobile JKN Faskes. 

“Mahulu ini sering kesulitan dan gangguan jaringan telekomunikasi,” kata Teguh kepada kaltimkece.id beberapa waktu lalu. 

Dengan segala keterbatasan, Kepala BPJS Kesehatan Samarinda dan Cabang Ujoh Bilang, Mangisi Raja Simarmata dan Muhammad Arief Setiawan berhasil meyakinkannya terkait peluang rumah sakit tipe D di Mahulu ini di dalam kontestasi. 

Teguh pun meyakinkan para pengurus RS GSM untuk serius mengumpulkan dokumentasi kegiatan. Ia cukup yakin banyak program yang selama ini dijalankan para tenaga medis di Mahulu memiliki nilai manfaat dan keunikan tersendiri. Mulai dari standar pelayanan pasien Covid-19 sampai program dokter terbang. Dinas tak tinggal diam membantu mengumpulkan bahan dan dokumentasi kegiatan. 

“Peserta di daerah lain mengedit video dengan alat canggih, kita membuat dan mengedit video dengan cara manual, namun hasilnya bagus,” canda Mangisi ketika berkunjung ke Mahulu ketika menghadiri rapat rutin bersama Pemkab Mahulu. 

Sekretaris Kabupaten Mahulu, Stephanus Madang, turut memberikan apresiasi. Mengingat dengan segala keterbatasan, para tenaga medis sudah mencurahkan pelayanan tanpa batas kepada pasien yang dirawat. 

“Terima kasih atas semua kerja kerasnya selama ini,” ucap Madang di waktu bersamaan.

Kembali ke Teguh. Penghargaan tak terduga ini diharapkan bisa memotivasi para tenaga medis. Mengingat beberapa tahun terakhir, tenaga mereka tercurah untuk melayani pasien Covid-19. “Semoga dengan penghargaan ini, semua insan kesehatan terkhusus di RS GSM di Mahulu terus termotivasi sebagai salah satu tolak ukur meningkatkan pelayanan kesehatan,” ujar Teguh. 

Apalagi, Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh telah sering menyampaikan, pelayanan prima di bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas pembangunan. Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi kepala daerah di kabupaten Urip Kerimaan di tahun 2021-2024. 

Penghargaan ini menambah deretan catatan manis kinerja apik di bidang kesehatan di Mahulu di bawah kepemimpinan Bupati, Bonifasius Belawan Geh. Di 2018 lalu, bupati di kabupaten termuda di Kaltim ini menerima langsung penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award. 

Penghargaan diberikan langsung di istana negara atas undangan Presiden Jokowi. Penghargaan diberikan atas perjuangan Pemkab Mahulu memperhatikan kesejahteraan rakyat lewat membantu subsidi dalam pencapaian Jaminan Kesehatan Semesta (UHC). 

Pemkab terus bertekad meningkatkan kualitas kesehatan, mengingat program ini langsung bersentuhan dengan masyarakat. Karena itu, dalam di periode kedua, ini, akan terus diberi dukungan peningkatan pelayanan yang terjamin, berkualitas dan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar