Pariwara Mahakam Ulu

Bupati Serahkan BLT secara Simbolis bagi Masyarakat Batu Majang

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 1149 Kali
Bupati Serahkan BLT secara Simbolis bagi Masyarakat Batu Majang

Penyerahan BLT DD dalam bentuk tunai oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh. (humas mahulu)

Covid-19 memang tak masuk Mahulu. Namun pandemi telah memberi dampak bagi warga kabupaten tersebut.

Ditulis Oleh: PARIWARA
06 Juli 2020

kaltimkece.id Bertempat di Kantor Petinggi Batu Majang, Selasa, 30 Juni 2020, Bupati Mahakam Ulu (Mahulu), Bonifasius Belawan Geh, SH, menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) bagi masyarakat terdampak Corona Virus Disease atau (Covid-19) di Batu Majang.

Selain menyerahkan secara simbolis di kantor petinggi, Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH, bersama Dansatgas Pamtas Yonif Raider 200/Bhakti Negara Mayor Infantri Andy Irawan, SH; Dansatgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos, M.I.Pol; Pimpinan Cabang Bankaltimtara Ujoh Bilang Faizal Riza, mendatangi langsung ke rumah lansia penerima bantuan. Menyerahkan BLT serta buku tabungan Bankaltimtara.

Dalam sambutan Bupati Bonifasius, dikatakan bahwa BLT DD sudah sesuai ketentuan yang diatur dalam Permendes dan PDTT Nomor 6 tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Juga Peraturan Menteri Keuangan Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa yang diinstruksikan pemerintah pusat.

“Seperti kita ketahui bersama, wabah virus corona ini sungguh memberikan dampak yang sangat luas terhadap kehidupan kita sehari-hari. Terkait dengan itu, pemerintah pusat memiliki kepedulian terhadap masyarakat terdampak Covid-19. Berupa bantuan dana melalui BLT,” kata Bupati.

Masing-masing keluarga penerima manfaat BLT mendapat uang tunai sebesar Rp 600 ribu pada tiga bulan pertama. Dan tiga bulan berikutnya Rp 300 ribu.

BLT disalurkan melalui rekening bank masing-masing penerima. Terkecuali masyarakat lumpuh/cacat, lansia, serta jarak tempuh antara rumah dan ATM atau bank cukup jauh. Maka diserahkan langsung aparat kampung.

“Perhatian pemerintah untuk masyarakat semoga sedikit meringankan beban yang disebabkan virus corona ini,” jelas Bupati.

Dalam laporan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Damianus Tamha, SE, penerima BLT di Kampung Batu Majang total sebanyak 177 kepala keluarga kurang mampu yang terdampak Covid-19. Juga tidak masuk Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Penerima BLT ini sekitar 177 KK. Dan untuk hari ini secara simbolis Bapak Bupati menyerahkan kepada tiga warga dan selanjutnya petinggi yang melaksanakan,” jelas Kadis DPMK.

Adapun penerima BLT didasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Ketentuan mengenai mekanisme pendataan, penetapan data penerima manfaat, dan pelaksanaan pemberian BLT Desa dilakukan sesuai ketentuan Menteri Desa PDTT.

“Mungkin dalam pelaksanaan sebagai imbauan kepada petinggi dan jajaran juga terkait kegiatan BLT ini tentu penuh dengan kehati-hatian. Mulai seleksi kriteria dan aturan yang bisa mendapatkan BLT ini,” tutup Kadis DPMK.

Turut hadir dalam kegiatan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas Ir Dodit Agus Riyono, MP; Kepala Dinas DPMK Damianus Tamha, SE; Wakil Danramil Long Bagun; Wakapolsek Long Bagun; dan Camat Long Bagun. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar