Pariwara Mahakam Ulu

Cara TP PKK Mahulu Promosikan Ketahanan Pangan Lewat Beras Gunung ke Daerah Lain

person access_time 4 months ago remove_red_eyeDikunjungi 396 Kali
Cara TP PKK Mahulu Promosikan Ketahanan Pangan Lewat Beras Gunung ke Daerah Lain

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh bersama istri Yovita Bulan panen padi gunung bersama. (kaltimkece.id/Muhibar Sobary Ardan)

Beras gunung jenis Mayas dan Abung yang biasa ditanam petani lokal Mahulu sejak turun temurun itu memiliki banyak keunggulan. Apa saja itu ?

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
Sabtu, 21 Mei 2022

kaltimkece.id Ketahanan pangan menjadi salah satu program prioritas Kabupaten Mahakam Ulu di periode kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Bonifasius Belawan Geh dan Yohanes Avun. Berbagai program sukses dijalankan. Salah satunya penanaman 10 hektare padi gunung di hampir seluruh kampung di Mahulu yang dimulai sejak tahun lalu. Tak ingin tinggal diam, para kader penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (PKK) Mahulu juga ambil bagian menyukseskan program ini. Salah satunya dengan membantu mempromosikan beras gunung berkualitas yang ditanam para petani di Mahulu di acara tingkat provinsi.

Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Mahulu Yovita Bulan Bonifasius menyampaikan produk beras gunung ini akan dipromosikan dalam salah satu event pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 50 dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Provinsi Kaltim 2022. Acara tahunan itu rencananya berlangsung tanggal 1 sampai 3 Agustus di Kota Balikpapan. 

Yovita yang juga istri Bupati Mahulu ini menyampaikan promosi ini juga merupakan bagian Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Oleh karena itu menjadi penting agar produk beras gunung asli Mahulu dapat dipromosikan kepada kabupaten dan kota lain. Terlebih beberapa jenis beras berkualitas seperti Mayas dan Abung yang ditanam petani lokal Mahulu memiliki banyak keunggulan. Selain berasnya putih bersih dan pulen, aromanya juga harum. 

Baca Juga : Efek Domino Kemandirian Pangan Mahulu, Uang Berputar di Kampung, Lapangan Kerja Terbuka, Masyarakat Sejahtera

“Sehingga daerah lain bisa melihat bahwa Mahulu bisa berdiri di atas kaki sendiri khususnya di bidang ketahanan pangan,” ujar Yovita Rabu, usai mengikuti rapat akhir persiapan HKG PKK dan BBGRM Kaltim di Lantai 3 Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa ( DPMPD), Samarinda. Rabu 18 Mei 2022 

Baca Juga : Peta Jalan Mahulu Mandiri Pangan, Target Penuhi Kebutuhan Beras di 50 Kampung

Yovita menyampaikan akan mengajak kader PKK kampung dalam peringatan HKG PKK ke 50 dan BBGRM nanti. Termasuk melibatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Mahulu. “Tentunya bergantian setiap tahun. Yang sudah pernah dibawa tidak dibawa lagi, bergantian kader kampung lainnya, ujarnya. 

Di kesempatan itu, Yovita juga bersyukur acara tahunan ini diundur dari bulan Juni menjadi awal Agustus 2022. Dengan ini, para kader PKK di Mahulu akan memiliki waktu lebih untuk persiapan mengikuti sejumlah kegiatan termasuk lomba. 

Baca Juga : Pesan Bupati Kepada Pengrus TP-PKK Mahulu, Ciptakan Gaya Hidup Berbasis Produk Lokal

Tuan rumah kegiatan, Ketua TP PKK Balikpapan Nurlena Rahmad Mas’ud menyampaikan penginapan dan registrasi peserta serta lomba-lomba akan dilaksankan di Hotel Grand Tjokro Balikpapan. 

Acara tahunan kali ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan diantaranya ; pameran, welcome party, lomba fun games, malam hiburan, dan acara puncak HKG dan farewell party dilaksanakan di BSCC DOME. 

Sementara kegiatan senam bersama, jalan santai, penanaman pohon dan hiburan musik berlangsung di Kebun Raya Balikpapan. Tak ketinggalan kunjungan wisata di Pantai BSB atau Kemala Beach. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar