Pariwara Mahakam Ulu

Mahulu Kembali Zona Hijau, Pemkab Ajak Masyarakat Pertahankan Protokol Kesehatan

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 1269 Kali
Mahulu Kembali Zona Hijau, Pemkab Ajak Masyarakat Pertahankan Protokol Kesehatan

Pjs Bupati Mahulu Gede Yusa. (istimewa)

Setelah 19 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, Mahulu kembali berstatus zona hijau alias tak ada lagi kasus positif aktif.

Ditulis Oleh: PARIWARA
16 Oktober 2020

kaltimkece.id Kasus positif Covid-19 di Kaltim masih begitu tinggi. Enam kabupaten/kota berstatus zona merah. Meski demikian, di tengah kondisi tersebut Mahakam Ulu (Mahulu) berhasil menekan kasus hingga kini kembali ke zona hijau.

Status zona hijau kembali didapat Mahulu lantaran tingkat kesembuhan telah mencapai 100 persen. Alias sudah tidak ada lagi kasus positif Covid-19 di kabupaten tersebut, dari angka kasus akumulatif 19. Dari jumlah tersebut, 18 orang telah sembuh dan 1 meninggal dunia.

Pjs Bupati Mahulu Gede Yusa menilai kembalinya Mahulu ke zona hijau atau zero kasus  Covid-19 merupakan suatu hal yang baik dan membanggakan. “Per hari ini (Kamis, 16 Oktober 2020) Mahulu sudah memasuki zona hijau. Hal itu tidak terlepas dari bantuan masyarakat Mahulu yang terus berkerja sama dengan pemerintah. Untuk memutus mata rantai penularan virus ini,” jelas Gede Yusa.

Dengan torehan tersebut, Gede Yusa berharap kondisi saat ini bisa bersama-sama dipertahankan. Sehingga kasus Covid-19 tidak lagi terjadi di Mahulu. Pemkab juga terus melakukan pencegahan. Membatasi akses keluar-masuk warga ke Mahulu serta memberlakukan waktu buka-tutup. 

“Apabila warga Mahulu tak mengantongi izin keluar, tidak diperbolehkan keluar. Begitu juga saat masuk, tidak diperbolehkan sebelum mendapat surat izin masuk. Orang tersebut harus juga melalui pemeriksaan kesehatan seperti rapid test maupun swab,” tegasnya.

Gede Yusa mengimbau masyarakat Mahulu tetap mematuhi protokol kesehatan. Terlebih zona hijau bukan serta-merta hasil kerja keras pemerintah. Melainkan juga usaha bersama. Baik itu pemerintah, aparat, dan warga.

Dengan status zona hijau, edukasi terhadap kesadaran melaksanakan pola hidup sehat juga mesti tetap dilakukan. Terlebih jelang pelaksanaan pilkada. Gede Yusa berpesan kepada pasangan calon (paslon) kontestan pesta demokrasi tersebut, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat berkampanye.

Pemkab Mahulu juga tetap gencar melakukan langkah untuk mempertahankan zona hijau tersebut. Salah satunya dengan sosialisasi  yang masif. “Kebijakan yang sudah ada dan diterapkan kepala daerah, kita terus pertahankan,” tandasnya. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar