Pariwara Mahakam Ulu

Pemkab Mahulu Raih Progres Tertinggi di Kaltim Tindak Lanjut Rekomendasi BPK Semester II

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 210 Kali
Pemkab Mahulu Raih Progres Tertinggi di Kaltim Tindak Lanjut Rekomendasi BPK Semester II

Penghargaan kembali diraih Pemkab Mahulu. (istimewa)

Meski usia Mahulu masih sangat muda namun mampu berkomitmen dalam pertanggungjawaban keuangan daerah.

Ditulis Oleh: PARIWARA
15 Desember 2020

kaltimkece.id Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) meraih penghargaan atas tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Semester II 2020 Tingkat Kalimantan Timur. Dengan status progres tertinggi seprovinsi ini.

Penghargaan diterima Inspektur Inspektorat Mahakam Ulu Budi Gunarjo Ompusunggu pada rapat pembahasan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan BPK dan pemantauan atas penyelesaian kerugian daerah di pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Timur. Digelar di Ruang Pertemuan Aston Samarinda Hotel & Convention Center, Kamis, 10 Desember 2020.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kinerja jajaran stakeholder Pemkab Mahulu. Terutama dalam percepatan penyelesaian rekomendasi hasil pemeriksaan BPK Semester II. Meski usia Mahulu masih sangat muda namun mampu berkomitmen dalam pertanggungjawaban keuangan daerah.

“Saya ucapkan terima kasih atas pencapaian ini. Bagaimanapun itu, prestasi ini adalah hasil kerja kita semua. Saya harap bisa dipertahankan jajaran Pemkab Mahulu supaya Mahulu baru begini (muda) bisa tampil dengan optimal dan hebat,” kata Bupati.

Dengan adanya penghargaan dari BPK kepada Pemkab Mahulu, diharap menjadi acuan ke depan untuk lebih meningkatkan kinerja. Juga mempertahankan prestasi yang telah dicapai Pemkab Mahulu.

“Saya minta kepada seluruh jajaran birokrasi Pemkab Mahulu dapat meningkatkan kinerja. Karena itu prestasi yang bagus, semua harus cepat diselesaikan tapi dalam artian bukan kerja buru-buru terus hasilnya tidak benar, itu tidak boleh juga. Hasilnya singkat dikerjakan, padat isinya, dan simpel,” harap Bupati.

Inspektur Inspektorat Budi Gunarjo Ompusunggu menambahkan bahwa rapat tersebut bertujuan guna membahas tindak lanjut rekomendasi BPK oleh kabupaten. Sebagai penilaian terhadap tingkat kepatuhan pemerintah daerah dalam melakukan proses perbaikan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan daerah.

“Dalam hal ini Pemkab Mahulu mendapat penghargaan progres tertinggi dalam penyelesaian tinda klanjut rekomendasi BPK semester II tahun 2020. Jadi harapan ini Pemkab Mahulu bisa menyelesaikan semua rekomendasi yang disampaikan BPK dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 dan sebelumnya,” terang Inspektur.

Tindak lanjut ini juga merupakan bentuk komitmen dari sub kepala daerah dan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar dapat menyelesaikan tindak lanjut secara keseluruhan. “Yang diharapkan BPK untuk ke depan ini bisa lebih meningkat lagi. Kalau kemarin kita tertinggi semester I mendapat 75,46 persen sedangkan di semester II kita bisa mencapai 80,60 persen. Mudah-mudahan dengan adanya capaian tertinggi ini, Pemkab Mahulu bisa menjaga dan mempertahankan serta mengelola keuangan daerah secara akuntabel dan transparan,” tambahnya.

Dengan diraihnya penghargaan atas progres tertinggi, Inpektur Inspektorat Mahulu berkomitmen mendorong percepatan penyelesaian tindak lanjut kepada seluruh OPD dan dibutuhkan dukungan dan kerjasama dari seluruh stakeholder. “Kami dari inspektorat mendorong percepatan penyelesaian tindak lanjut kepada seluruh OPD dan tentunya ada dukungan dari kepala daerah khususnya Pak Bupati, Pak Wakil dan Pak Sekda,” terangnya. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar