Pariwara Mahakam Ulu

Peta Jalan Mencetak Generasi Emas, Pemkab Mahulu Dukung RAN PIJAR

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 141 Kali
Peta Jalan Mencetak Generasi Emas, Pemkab Mahulu Dukung RAN PIJAR

Siswa di Mahulu mulai mengikuti sekolah luring setelah sekian lama sekolah daring akibat Covid-19. dok kaltimkece.id

Generasi emas di masa depan harus mendapatkan perhatian sejak dini. 

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
25 April 2022

kaltimkece.id Anak Usia Sekolah dan Remaja merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dibimbing dan dibina kembang tumbuhnya. Upaya ini bertujuan agar di masa depan bangsa Indonesia tidak kehabisan generasi yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. 

Oleh karena itu pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama United Nation Population Fund (UNFPA) dan 20 kementerian dan lembaga lainnya meluncurkan Permenko PMK Nomor 1 Tahun 2022 tentang Rencana Aksi Nasional Peningkatan Kesejahteraan Anak Usia Sekolah dan Remaja (RAN PIJAR).

Rencana aksi ini disusun untuk memberikan kesempatan belajar dan berkontribusi aktif dalam masyarakat yang secara khusus menyasar kelompok anak usia sekolah dan remaja berusia 8-17 tahun untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian hidupnya. Sebuah peta jalan mencetak generasi emas bangsa. 

"RAN PIJAR memberi perhatian khusus terkait sejumlah isu kesejahteraan anak usia sekolah dan remaja," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy peluncuran RAN PIJAR, di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa 19 April 2022. 

Pria yang pernah menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyampaikan kompleksitas masalah anak usia sekolah dan remaja membutuhkan penanganan menyeluruh dari berbagai kalangan. Baik pemerintah pusat, daerah, lembaga swadaya masyarakat dan segenap lapisan masyarakat. 

Mewakili Bupati Mahulu Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat drg Agustinus Teguh Santoso menyampaikan unsur-unsur di daerah harus bersinergi menyukseskan RAN PIJAR ini. Terutama di bidang akses pendidikan, peningkatan keterampilan, kesehatan dan gizi berkualitas. “Karena anak anak usia sekolah dan remaja akan menjadi penerus masa depan bangsa,” ujar Teguh usai mengikuti peluncuran melalui telekonferensi zoom meeting. 

Teguh menyampaikan Pemkab Mahulu setuju dan mendukung upaya yang tertuang dalam RAN PIJAR ini. Untuk itu nantinya dinas-dinas terkait diarahkan mempelajari Permenko nomor 1Tahun 2022 agar bisa segera diimplementasikan di Bumi Urip Kerimaan. Pada prinsipnya, sambung Teguh Pemkab Mahulu siap mendorong OPD-OPD memunculkan kegiatan dan program untuk peningkatan kesejahteraan anak dan remaja. 

“Jadi kegiatan lintas sektoral lintas OPD terkait di antaranya ; Dinas Pendidikan, Kesehatan, Perlindungan anak, Kominfo, dan Unsur-unsur terkait lainnya yang di mana semuanya harus bersama-sama,” tutupnya. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar