Pariwara Mahakam Ulu

PT Brantas Abipraya Target Rampungkan Tiga Gedung Perkantoran Mahulu September 2021

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 143 Kali
PT Brantas Abipraya Target Rampungkan Tiga Gedung Perkantoran Mahulu September 2021

Ade Ahmad Al Fath dari PT Brantas Abipraya. (nalendro priambodo/kaltimkece.id)

Progress pengerjaan tiga bangunan ini per Maret 2021 mencapai 62.29 persen.

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
01 Mei 2021

kaltimkece.id PT Brantas Abipraya (Persero) berkomitmen menyelesaikan pembangunan tiga kantor pemerintahan baru di Mahakam Ulu tepat waktu. Sesuai kontrak, kantor bupati, DPRD dan Bappelitbangda Mahulu yang terletak di kawasan Sebenaq, Kampung Ujoh Bilang, dijadwalkan rampung akhir September 2021 ini. Janji ini diucapkan oleh Ade Ahmad Al Fath yang ditugasi sebagai manajer proyek oleh perusahaan plat merah yang bergerak di bidang konstruksi itu.

"Kami menargetkan akhir tahun 2021 ini selesai pembangunan. Jika ada masalah akan segera kami koordinasikan agar bisa segera diatasi," ucap Ade, Selasa 20 April 2021 di ruang pertemuan di Hotel Sultan, Jakarta. Hari itu, digelar rapat koordinasi percepatan penyelesaian pembangunan bersama Pemkab Mahulu. Turut hadir Bupati, Bonifasius Belawan Geh, Sekretaris Kabupaten, Stephanus Madang, Inspektorat dan perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mahulu.

Untuk mencapai target itu, perseroan berusaha keras mengatasi berbagai potensi kendala di lapangan. Salah satunya adalah mengirim 95 persen material pembangunan ke lokasi proyek sebelum masuk musim kemarau pada bulan Januari dan Februari lalu. Hal ini mengingat mayoritas pengiriman material hanya bisa dikirimkan melalui jalur sungai. “Jika lewat bulan Mei, material tidak mungkin bisa sampai di Mahulu,” ujar Ade.

Dari uraian pekerjaan yang ia sampaikan, pembangunan 3 kantor itu terbagi dalam 4 kegiatan utama. Pertama, struktur, kedua, arsitektur, ketiga, kelistrikan dan elektronika, keempat mekanikal, kelistrikan dan pemipaan. Khusus untuk kantor bupati terdapat pekerjaan tambahan yakni pemasangan lift. Sedianya, kantor bupati dan Bappelitbangda akan menjadi satu kompleks. Sementara kantor DPRD berada di bangunan terpisah yang berjarak beberapa ratus meter. Di masing-masing gedung akan disiapkan

“Progress pengerjaan 3 bangunan itu per Maret 2021 mencapai 62.29 persen,” ungkap Ade.

Sekretaris Kabupaten Mahakam Ulu, Stephanus Madang menyampaikan Pemkab Mahulu terus berupaya memberikan dukungan agar gedung perkantoran ini selesai tepat waktu. Baik dari sisi ketersediaan anggaran maupun perizinan keluar masuk Mahulu bagi pekerja konstruksi selama pandemi Covid-19.

Sejak pandemi Covid-19, Pemkab Mahulu membuat kebijakan ketat mewajibkan setiap orang yang masuk ke Mahulu harus bebas Covid-19. Hal ini guna menekan penyebaran wabah dan melindungi warga dari serangan virus mematikan ini.

"Semua akan dipermudah asal sesuai protokol kesehatan. Pemerintah tidak akan menghambat," ujar Madang dalam kesempatan itu.

Senada, Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh menegaskan agar para pekerja konstruksi pembangunan kantor pemerintahan baru mematuhi prosedur pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang telah dibuat pemerintah pusat dan daerah.

"Saya selalu ingatkan harapan kantor itu selesai tahun ini. Kalau ada kendala segera bertemu dan dikoordinasikan agar cepat dicarikan solusi," ujar Bupati. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar