Pariwara Mahakam Ulu

Rentetan Capaian Disdukcapil Mahulu yang Melewati Target Nasional

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 1114 Kali
Rentetan Capaian Disdukcapil Mahulu yang Melewati Target Nasional

Kegiatan Disdukcapil Mahakam Ulu. (istimewa)

Disdukcapil Mahulu mencapai sejumlah torehan besar dalam urusan kependudukan selama 2020 ini.

Ditulis Oleh: PARIWARA
28 Oktober 2020

kaltimkece.id Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2020 digelar secara virtual pada 14 Oktober 2020. Pada momen tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) dinyatakan mencapai target nasional perekaman KTP-elektronik hingga 99 persen.

Rakornas tersebut mengangkat tema Penguatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan Menuju Satu Data Kependudukan. Dibuka Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. Berlangsung 6-7 Oktober, diikuti seluruh kepala dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Kadisdukcapil Mahulu Yordanus Dani, S.Hut, M.Si, menyebut bahwa secara nasional, target kinerja perekaman KTP-el pada 2020 mencapai 98 persen sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) persentase anak usia 0 sampai dengan 18 tahun yang memiliki Akta Kelahiran sebesar 92 persen, dan terget Renstra Kemendagri 2020-2024 untuk kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) adalah 20 persen.

Untuk jumlah penduduk di Mahulu per semester I 2020 tercatat 31.070 ribu jiwa dengan wajib KTP hingga Juni atau semester I 2020 sebanyak 23.657 ribu jiwa. Untuk jumlah memiliki akta kelahiran anak usia 0-18 tahun per 30 September sebanyak 8.354 jiwa, sementara kepemilikan KIA per 30 September tercatat 5.810 ribu jiwa di Mahulu.

“Puji Tuhan, di Mahakam Ulu akta kelahiran kita 98 persen, kepemilikan KTP-el 99 persen, sedangkan untuk KIA sekitar 75 persen. Bahkan minggu kemarin kami melaporkan lagi KIA mendekati 80 persen dari target nasional itu 20 persen,” jelasnya.

Tujuan diadakannya rakornas tersebut juga untuk melihat sejauh mana capaian target kinerja dukcapil seluruh Indonesia mewujudkan target kinerja pada 2020, sesuai Peraturan Presiden 18/2020 tentang RPJMN 2020-2024. Juga dalam rangka meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan (adminduk) pada masa pandemi Covid-19.

“Intinya jangan sampai pandemi Covid-19 membatasi pelayanan dukcapil kepada masyarakat. Tujuan utama dukcapil itu membahagiakan masyarakat yang dalam arti pelayanan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Pada masa pandemi Covid-19 ini juga semakin mempercepat pelayanan Go Digital kepada masyarakat tanpa harus tatap muka. Persyaratannya bisa dikirim via daring seperti WhatsApp, website, dan Playstore,”jelasnya.

Rakornas juga untuk memantapkan komitmen dukungan terhadap suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 dan implementasi integrasi hasil Sensus Penduduk 2020. Maka dari itu, sejalan komitmen disdukcapil seluruh Indonesia yang tertuang dalam rumusan hasil Rakor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2020, Disdukcapil Mahulu siap mendukung suksesnya pilkada serentak dengan menuntaskan perekaman dan pencetakan KTP-el serta membuka layanan pada hari pemilihan 9 Desember 2020.

“Jadi ketika hari pemilihan, Disdukcapil tetap membuka layanan pada 9 Desember. Bagi pemilih pemula dan wajib KTP yang belum melakukan perekaman untuk  dapat direkam dan keluarkan KTP-el nya pada hari itu juga,” tutupnya. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar