Pariwara Mahakam Ulu

Totalitas Bagi Perbatasan, Pemkab Mahulu Kuliahkan Mahasiswa Sampai S3 di Universitas Indonesia

person access_time 4 months ago remove_red_eyeDikunjungi 513 Kali
Totalitas Bagi Perbatasan, Pemkab Mahulu Kuliahkan Mahasiswa Sampai S3 di Universitas Indonesia

Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh dan Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA-UI) Prof Chandra Wijaya menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) perjanjian kerja sama antara kedua institusi yang mereka pimpin. (kaltimkece.id/Nalendr

Totalitas menginvestasikan sumber daya manusia di perbatasan. 

Ditulis Oleh: Nalendro Priambodo
Rabu, 01 Juni 2022

kaltimkece.id Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh dan Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA-UI) Prof Chandra Wijaya menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) perjanjian kerja sama antara kedua institusi yang mereka pimpin. Kedua pihak sepakat bekerja sama di bidang pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia. Langkah ini juga bagian membuka kesempatan beasiswa bagi masyarakat dan abdi negara asal Bumi Urip Kerimaan berkuliah di Universitas terbaik di Indonesia versi Webometric. 

Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di ruang pertemuan FIA UI di Depok Selasa, 31 Mei 2022. Disaksikan langsung oleh para pejabat dari kedua belah pihak. Bupati Bonifasius Belawan Geh menilai kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan FIA-UI sangat strategis. 

Mengingat, kabupaten paling bungsu di Kaltim ini sangat membutuhkan percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Bupati ingin kabupaten yang berbatasan dengan Negeri Jiran Malaysia ini bisa sejajar dengan daerah lainnya. 

“Oleh karena itu, kita totalitas dan habis-habisan meningkatkan sumber daya manusia kita di Mahakam Ulu,” ujar Bupati Bonifasius ketika acara. 

Totalitas peningkatan sumber daya manusia di kabupaten Mahakam Ulu ini bukan isapan jempol. Sejak periode awal menjabat, bupati Bonifasius telah banyak menginvestasikan sumber daya manusia dengan menguliahkan putra-putri terbaik Mahulu ke 20an universitas dan perguruan tinggi ternama di Indonesia lewat Program Beasiswa Gerbang Cerdas Mahulu. Banyak lulusan sudah kembali mengabdi membangun daerah. 

Dekan FIA – UI Prof Chandra Wijaya juga tidak kalah gembiranya. Menurutnya, keberadaan institusi pendidikan terutama FIA – UI juga harus bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Tak terkecuali para calon mahasiswa asal Mahulu. Karena itu, ia sangat menyambut baik kerja sama pendidikan dengan membuka kesempatan para calon mahasiswa asal Mahulu bisa berkuliah dari jenjang S1 sampai S3 di FIA-UI. 

“Kami sangat mendukung visi pak bupati meningkatkan kompetensi ASN dan masyarakat Mahulu di bidang administrasi,” ujar Prof Chandra Wijaya. 

Di FIA – UI sambung Chandra, para calon mahasiswa asal Mahulu bisa mengikuti perkuliahan melalui platform yang sudah disediakan oleh UI yang bernama ‘Center for Independent Learning’.

Nantinya, para calon mahasiswa bisa mengikuti sejumlah program magister yang sudah disepakati dan dibutuhkan oleh daerah. Di antaranya, administrasi perpajakan, retribusi daerah pengelolaan aset daerah dan banyak lagi lainnya. Ini untuk meningkatkan potensi daerah atau PAD ke depan. 

Pada masa pandemi ini, Chandra menyampaikan perkuliahan di UI menggunakan metode ‘blended learning’. Menggabungkan perkuliahan daring dan luring yang tetap memperhatikan protokol kesehatan. Untuk pendaftaran mahasiswa baru melalui SIMAK UI paling lambat Juli 2022. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar