Pariwara Mahakam Ulu

Wujudkan Digitalisasi Transaksi Keuangan Daerah, Mahulu Sepakati Kerja Sama dengan Bankkaltimtara

person access_time 4 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 86 Kali
Wujudkan Digitalisasi Transaksi Keuangan Daerah, Mahulu Sepakati Kerja Sama dengan Bankkaltimtara

Penandatanganan perjanjian kerja sama Pemkab Mahulu dan Bankkaltimtara, Rabu, 15 September 2021 di ruang Rapat Bappelitbangda. Humpro Mahulu.

Digitalisasi transaksi keuangan di Mahulu terus diperluas. 

Ditulis Oleh: .
17 September 2021

kaltimkece.id Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu menandatangani kesepakatan bersama dengan PT Bank Pembangunan Daerah Kaltimtara (Bank Kaltimtara). Kedua belah pihak menyepakati kerja sama pengelolaan keuangan daerah secara elektronik. Hal ini guna mewujudkan digitalisasi transaksi keuangan daerah.

Penandatanganan perjanjian kerja sama berlangsung, Rabu, 15 September 2021 di ruang Rapat Bappelitbangda. Di wakili masing-masing petinggi institusi. Yakni, Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh dan Direktur Utama Bank Kaltimtara, Muhammad Yamin. 

Dalam kesempatan itu, juga diteken kerja sama antara Bank Kaltimtara Cabang Ujoh Bilang dan Dinas Pendapatan Daerah Mahulu. Keduanya sepakat bekerja sama dalam pengelolaan penerimaan pembayaran pajak daerah dan retribusi daerah serta penyediaan aplikasi dashboard pendapatan asli daerah.

Usai penandatanganan dilanjutkan dengan serah terima aplikasi Q-RIS kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Teknis Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Samsat oleh Bupati Bonifasius Belawan dan Direktur Utama PT. BPD Kaltimtara Muhammad Yamin.

Bupati Bonifasius mengucapkan terima kasih atas penandatanganan kesepakatan bersama pengelolaan keuangan daerah di Mahulu. Hal ini dia yakini akan mempercepat pembangunan lewat digitalisasi transaksi keuangan daerah. 

Bupati Bonifasius Belawan Geh, menambahkan, Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu senantiasa berkomitmen untuk mendukung digitalisasi keuangan dalam berbagai bidang dengan memulai langkah – langkah awal dan terencana guna mendukung percepatan dan perluasan digitalisasi daerah di Kabupaten Mahakam Ulu.

“Sangat memberi kemudahan bagi kami di Mahulu yang bertempat di heart of borneo sangat jauh, ini sangat berarti dan penting bagi kami untuk mendukung proses pembangunan di Mahulu,” tuturnya. 

Direktur Utama PT. BPD Kaltimtara Muhammad Yamin menuturkan, BPD Kaltimtara mendukung upaya Pemerintah dalam mempercepat dan memperluas digitalisasi daerah. Hal ini diwujudkan melalui kerja sama bersama pemerintah daerah.

Saat ini perbankan plat merah ini telah mengembangkan pelbagai aplikasi keuangan yang memudahkan transaksi non tunai. Salah satunya, DG Bank Kaltimtara. Di dalam aplikasi yang bisa dioperasikan lewat telepon pintar itu terdapat dua fitur utama di antaranya aplikasi mobile banking dan internet banking

“Khusus untuk implementasi transaksi non tunai di daerah kita sudah punya yang namanya aplikasi transaksi keuangan pemerintah,” katanya.

Tak hanya, itu, Bank Kaltimtara juga memiliki layanan digital lainnya. Di antaranya ; ATKP (Aplikasi Transaksi Keuangan Pemda), E-Samsat, E-Retribusi, SP2D Online, CMS Span, DG Bankaltimtara. 

“Selaku Bank Daerah kami juga siap mendukung program pemerintah daerah terutama dalam pemulihan ekonomi nasional, ekonomi daerah melalui pembiayaan-pembiayaan usaha mikro yang betul-betul terkena imbas dari Pandemi Covid termasuk pemerintah daerah,” tuturnya.

Turut hadir Deputi Kepala Perwakilan BPD Kaltimtara Kaltim Hendik Sudaryanto, Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang, Asisten II Bidang Sosial Ekonomi dan Pembangunan  E. Tek Hen Yohanes, Kepala Bapenda Paulus Liah, Kadis Kominfo Hibau Djaang, Kepala BPKAD Mahulu Gerry Gregorius dan Kepala DP2KB drg. Agustinus Teguh Santoso. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar