Pariwara Pemkab Berau

Pelaksanaan Tes SKD CPNS Berau Digelar di Empat Kota

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 123 Kali
Pelaksanaan Tes SKD CPNS Berau Digelar di Empat Kota

Bupati Berau Sri Juniarsih meninjau data pelaksanaan SKD CPNS. (foto: istimewa)

Ditulis Oleh: PARIWARA
30 September 2021

kaltimkece.id – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 berjalan lancar. Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) menyeleksi 2.470 peserta yang lulus seleksi administrasi, dari total 2.791 pendaftar.

Dikatakan Kepala BKPP Berau Muhammad Said, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, seleksi SKD tahun ini dilaksanakan di empat lokasi berbeda. Yakni UPT BKN Balikpapan, Titik lokasi UPT BKN Banjarbaru, UPT BKN Tarakan, dan di Berau.

“Untuk Balikpapan diikuti peserta sebanyak, 307 orang. Terus di Banjarbaru sebanyak 6 orang. Dan dari Tarakan sebanyak 285 orang, dan Berau 1.872 orang.  Ini dilaksanakan karena banyak pendaftar dari wilayah sekitar lokasi itu. jadi untuk menekan biaya peserta,” ujarnya, Selasa 28 September 2021.

Said menyebut, untuk total formasi yang dibuka pada 2021 ini sebanyak 290 formasi. Di mana tenaga kesehatan sebanyak 244 formasi dan tenaga teknis 40 formasi. Selain itu ada juga formasi khusus penyandang disabilitas sebanyak 6 orang.

Lalu, lanjut Said, pelaksanaan SKD ini akan berlangsung selama 16 hari ke depan. Pelaksanaan SKD ini sendiri sudah dipersiapkan sejak jauh hari. Bahkan kemungkinan kendala yang akan terjadi pun sudah dipersiapkan alternatifnya, agar pelaksanaan seleksi berjalan lancar hingga usai.

Mencegah terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan tes CPNS, panitia dari BKPP juga sudah mempersiapkan kamera khusus yaitu kamera digital struktur wajah terkoneksi sistem SSCASN BKN RI dan MenpanRB. Tujuannya, untuk mendeteksi identitas setiap peserta. Bahkan prediksi kendala juga sudah diantisipasi.

“Untuk support jaringan internet kita dari Asinet Telkom dan backup bandwitch Diskominfo. Untuk listrik dari PLN kita backup dengan genset kapasitas bisa menyalakan 100 komputer. Selain itu juga pengamanan dari Satpol PP dan support Polres Berau, tim medis untuk Prokes dari Dinas Kesehatan,”bebernya.

Khusus untuk pengawas didatangkan langsung dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI berjumlah 3 orang. Mereka akan akan bertugas selama 14 hari di BKPP Berau.  pihaknya juga memastikan, pelaksanaan SKD CPNS Berau formasi 2021 berjalan secara transparan, akuntabel dan bertanggungjawab. Masyarakat juga bisa melihat langsung nilai setiap peserta SKD CPNS ini secara live streaming melalui youtube.

“Semoga semua berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti yang dihadapi,” tutupnya. (*)

Editor: RJ Palupi

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar