Pariwara Pemkab Berau

Peningkatan Kualitas Jalan Murjani II Tanjung Redeb Selesai Lebih Dini

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 118 Kali
Peningkatan Kualitas Jalan Murjani II Tanjung Redeb Selesai Lebih Dini

Pengaspalan Jalan Murjani II Tanjung Redeb. (foto: istimewa)

Ditulis Oleh: PARIWARA
30 September 2021

kaltimkece.id – Peningkatan kualitas infrastruktur jalan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Berau. Titik di area dalam kota Tanjung Redeb juga jadi perhatian serius. Satu di antaranya adalah pengingkatan kualitas Jalan Murjani II.

Dikatakan Kepala Bidang Preservasi Jalan dan Jembatan DPUPR Berau, Junaidi, peningkatan kualitas Jalan DR Murjani II dipastikan rampung sebelum November 2021. Peningkatan jalan sepanjang 1.250 meter itu saat ini sudah sampai pada tahap pengaspalan. Dimulai dari Simpang Empat Jalan Dermaga hingga Simpang Empat Jalan Pangeran Diponegoro.

“Iya masih finishing, sudah sejak pertengahan September diaspal, tapi dimulai dari lajur tengah dulu, baru selanjutnya lajur kiri dan kanan. Makanya, yang sudah sampai baru lajur tengah,” ujar Junaidi, Selasa 28 September 2021.

Dikatakan Junaidi, kegiatan bukan hanya fokus pada penyelesaian pekerjaan pengaspalan. Dalam prosesnya, para pekerja harus menuntaskan pemasangan grill tangkapan air atau grill saluran drainase. Grill tangkapan air ini dipasang di pinggir badan jalan yang berbatasan dengan trotoar. Tujuan pemasangan ini sebagai tempat pembuangan air hujan dan juga saringan air jalan raya agar tidak terjadi genangan.

 “Saat ini beberapa grill sudah terpasang di sebagian jalan tersebut. Grill itu penutup saluran air. Tapi bagian jalan yang telah selesai diaspal, sudah dipasangkan grill," jelasnya.

Selain itu, sampai dengan akhir September ini progres fisik pekerjaan mencapai 80 persen. Junaidi mengaku tidak ada kendala berarti selama proses peningkatan kualitas jalan ini. Menurutnya, memang prosedural teknis per tahapan kerja serta pengaturan lalu lintas dan koordinasi pekerjaan lain yang lokasinya berdekatan harus terus dilakukan.

“Paling itu saja kendalanya karena ada kegiatan peningkatan drainase juga di Jalan Teuku Umar jadi harus terus koordinasi,” ucapnya.

Sebelumnya, agenda peningkatan Jalan Murjani II akan dimulai dari Simpang Empat Jalan Mangga II-Mangga III. Akan tetapi, akibat pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19, maka pengerjaan hanya dilakukan dari Simpang Jalan Dermaga hingga Simpang Jalan Pangeran Diponegoro.

"Dari total awal panjang dari lampu merah Mangga II sampai Simpang Empat Diponegoro itu 1.550 meter, karena ada pergeseran anggaran jadi peningkatan Jalan Murjani berkurang hingga 300 meter," bebernya.

Kegiatan peningkatan kualitas jalan ini telah dikerjakan sejak Juli 2021 dengan menelan biaya  Rp 5,9 miliar. Ditargetkan semua kegiatan rampung sebelum akhir Desember 2021. Namun Junaidi optimistis jalan tersebut bisa selesai sebelum waktu akhir pekerjaan pada 3 November 2021.

“Optimis lebih cepat rampung dari rencana awal,” tutupnya. (*)

Editor: RJ Palupi

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar