kaltimkece.id Di zaman serba digital saat ini, semua dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, termasuk proses pelayanan masyarakat. Desa Kersik di Kecamatan Marang Kayu, Kutai Kartanegara membuat sebuah website khusus untuk pelayanan masyarakat. Website tersebut telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) Republik Indonesia.
Pada Selasa, 11 April 2023, Kepala Desa Kersik, Jumadi, menjelaskan bahwa pelayanan berbasis digital membuat pelayanan dilakukan secara cepat dan efisien, tanpa memerlukan pertemuan langsung antara petugas pelayanan dan masyarakat.
"Kami bersyukur dengan adanya transformasi digital sangat memudahkan pelayanan dan mempercepat penyebaran informasi kepada masyarakat," ucap Jumadi.
Untuk digitalisasi desa, pihaknya bekerja sama dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang bertugas mengkoordinir agar digitalisasi dapat berjalan. Selain itu, KIM terus mensosialisasikan transformasi digital desa yang mudah diakses melalui Website Desa Kersik. Melalui website Desa Kersik, masyarakat bebas mengakses informasi yang dibutuhkan secara mandiri.
Digitalisasi pelayanan masyarakat di Desa Kersik mendapat respon positif dari masyarakat desa, meskipun masih terdapat beberapa warga yang kurang memahami cara penggunaannya. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi Pemerintah Desa. Jika ada warga yang merasa kesulitan dalam mengakses website, pihak desa mempersilakan warga tersebut datang ke desa untuk mendapatkan pelayanan secara manual.
"Pemerintah Desa telah membuat beberapa rencana, salah satunya adalah menambahkan beberapa item, seperti kontrol keamanan wisata bagi para pengunjung Pantai Biru Kersik dan Pasar Digital. Nantinya, rencana tersebut akan diterapkan secara bertahap,” jelas Jumadi.(adv/diskominfokukar)