kaltimkece.id Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kutai Kartanegara meluncurkan aplikasi SINTAKU, singkatan dari Sistem Informasi Manajemen Talenta Kukar. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Rokip, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur Perangkat Daerah, BKPSDM Kukar.
Ditemui pada Senin, 5 Juni 2023 pria tersebut menjelaskan bahwa SINTAKU adalah sistem pengelolaan aparatur sipil negara (ASN) terpadu. Sistem ini dirancang untuk mencari, memilih, mengembangkan, mengelola, mempertahankan, dan menghargai pegawai terbaik yang memiliki kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang unggul.
"Semua itu dilakukan untuk mempersiapkan kader pemimpin masa depan di Kukar," ucap Rokip kepada kaltimkece.id.
Tujuannya adalah mewujudkan sistem merit yang baik dan tersedianya data talenta atau kader terbaik. Selain itu, tujuannya juga mencakup implementasi Sistem Informasi Manajemen Talenta Kukar 2.0 yang terintegrasi dengan sistem informasi kepegawaian (Simpeg), kinerja, dan disiplin.
Manfaat SINTAKU terbagi menjadi dua, yaitu manfaat internal dan eksternal. Manfaat internal adalah meningkatkan kinerja organisasi dan kinerja pemerintah daerah dalam mewujudkan visi dan misi Pemkab Kukar.
Sementara itu, manfaat eksternal adalah pengelolaan karier PNS yang jelas dan terukur, peningkatan layanan kepegawaian bagi ASN, serta meningkatnya kepercayaan publik terhadap manajemen ASN di Kukar.
Rokip juga menjelaskan bahwa SINTAKU memiliki manfaat lainnya, yaitu menciptakan sumber daya manusia aparatur yang profesional dan memiliki daya saing tinggi. Selain itu, melalui aplikasi ini juga diharapkan dapat mengurangi kelangkaan kader kepemimpinan dan mempersiapkan pemimpin dengan baik.
"Aplikasi ini mampu memberikan informasi kepada pimpinan untuk melakukan promosi, mutasi, dan rotasi PNS," pungkasnya.(adv/diskominfokukar)