Pariwara Pemkot Bontang

DLH Bontang Setuju Penginputan Administrasi Adiwiyata Pakai Aplikasi

person access_time 2 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 70 Kali
DLH Bontang Setuju Penginputan Administrasi Adiwiyata Pakai Aplikasi

Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas dan Penegakan Hukum Lingkungan, DLH Bontang, Ervina Setianingsih.

Dengan menggunakan aplikasi, sekolah bisa melihat skor atau nilai, termasuk kekurangannya, sehingga bisa segera dievaluasi.

Ditulis Oleh: PARIWARA
Rabu, 23 November 2022

kaltimkece.id Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas dan Penegakan Hukum Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang, Ervina Setianingsih, menyampaikan bakal menindaklanjuti masukan dari sekolah yang meminta agar penginputan kelengkapan administrasi adiwiyata dilakukan secara daring melalui aplikasi. Hal itu ia sampaikan dalam sosialisasi perpanjangan sekolah adiwiyata di aula SMA 1 Bontang, beberapa waktu lalu.

“Nanti, ketika ada kesempatan, akan kami sampaikan ke provinsi maupun pusat,” kata Ervina.

Menurutnya, masukan tersebut sangat baik karena dapat memudahkan sekolah agar tidak menginput secara manual. Dengan adanya aplikasi, setiap sekolah yang mengajukan bisa melihat skor atau nilai, termasuk kekurangannya sehingga, bisa segera dilengkapi dan dievaluasi.

Penginputan melalui aplikasi ini diharapkan berlaku bagi sekolah yang baru mengajukan predikat adiwiyata tingkat kota, maupun yang akan naik status ke level lebih tinggi. Mengenai keluhan sarana prasarana yang disampaikan beberapa sekolah, Ervina menyatakan, juga ditindaklanjuti dengan meneruskan laporan ke instansi ebrwenang. Jika masalahnya ada di SD dan SMP, disampaikan ke Dinas Pendidikan Bontang sedangkan tingkat SLTA menjadi ranah Disdik Kaltim.

Komponen penilaian Program Adiwiyata terdiri atas kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan sekolah berbasis partisipasi, serta pengelolaan sarana pendukung yang ramah lingkungan. Dalam Program Adiwiyata, sejatinya seluruh komponen sekolah dituntut komitmen terhadap pelestarian lingkungan, serta bisa menambah nilai jual dari sekolah itu sendiri. (*)

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar