Pariwara

Berau Terima Bantuan Oksigen dari Pemerintah Pusat, TNI Ikut Kerahkan Lima Dokter

person access_time 2 months ago remove_red_eyeDikunjungi 210 Kali
Berau Terima Bantuan Oksigen dari Pemerintah Pusat, TNI Ikut Kerahkan Lima Dokter

Bupati Sri Juniarsih (kanan) menerima bantuan oksigen secara simbolis dari Kapolri. (humas pemkab berau)

Bantuan diserahkan Kapolri Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo, bersama Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Ditulis Oleh: PARIWARA
06 Agustus 2021

kaltimkece.id Pemkab Berau dalam penanganan Covid-19 mendapat bantuan pemerintah pusat berupa Oxygen Concentrator 50 EA. Diserahkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, kepada Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas.

Penyerahan dilakukan di Aula Lanud Anang Busra Tarakan, Jumat, 6 Agustus 2021. Pemkab Berau juga menerima dukungan lima dokter dari TNI yang dikerahkan membantu penanganan pasien Covid-19 Bumi Batiwakkal.

Bupati Sri Juniarsih Mas hadir didampingi Kapolres Berau, AKBP Anggoro Wicaksono; Dandim 0902/Bru; Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi; dan Kepala BPBD Berau, Thamrin. Rombongan di hadapan Kapolri dan Panglima TNI, memaparkan langsung kondisi perkembangan kasus Covid-19 di kabupaten tersebut. Termasuk berbagai langkah yang dilakukan Pemkab Berau bersama satgas penanganan Covi-19 dalam mencegah penyebaran virus corona. Begitu pula dengan penanganan pasien positif yang menjalani perawatan di rumah sakit maupun isolasi mandiri.

Setelah mengikuti pertemuan yang juga dihadiri Gubernur Kaltara dan seluruh bupati/walikota se-Kaltara, Bupati Sri Juniarsih, mengungkapkan beberapa catatan perlu menjadi perhatian bersama, dari arahan Panglima TNI maupun Kapolri dalam penanganan covid-19. Utamanya, peran aktif masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Bagi masyarakat yang merasakan gejala Covid-19 diminta segera memeriksakan diri dan melapor kepada satgas setempat. Serta melakukan isolasi mandiri. Pasalnya, jika tidak memiliki gejala namun tidak memeriksakan diri dan tetap beraktivitas, bisa membahayakan, terlebih masyarakat yang memiliki komorbid. “Dan untuk lebih lanjut bisa isoter (isolasi terpusat) yang disitu ada dokter dan juga obat-obatan,” jelasnya.

Bupati Sri Juniarsih juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat serta TNI dan Polri yang telah mendukung penanganan Covid-19 di Berau. Bantuan berupa oxygen concentrator menurutnya sangat penting dalam penanganan pasien Covid-19. Begitu juga bantuan dokter yang dapat lebih memaksimalkan pelayanan pasien Covid-19.

“Informasinya dalam waktu dekat juga akan dikirim bantuan obat-obatan. Kami berharap dengan dukungan ini akan semakin menurunkan kasus Covid-19 di Berau,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi. Bantuan tenaga kesehatan akan dipusatkan di rumah sakit. Sedangkan oksigen, selain untuk rumah sakit juga disalurkan ke puskesmas yang melayani pasien Covid-19. Sebagian lagi dikerahkan ke pasien yang menjalani isolasi mandiri. “Kami akan langsung salurkan bantuan yang diberikan,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar