kaltimkece.id Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, dinobatkan sebagai pemimpin terpopuler di media sosial kategori pemimpin/CEO sub kategori BUMN non-TBK dalam ajang Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) 2022. Penetapan ini berdasarkan hasil monitoring pemberitaan puluhan kementerian/lembaga/pemerintah daerah/BUMN/BUMD/ perguruan tinggi dan tiga platform media sosial yakni Twitter, Facebook dan Instagram yang dilakukan PR Indonesia dan Indonesia Indicator sepanjang 1 Januari sampai 30 September 2022.
Dalam siaran pers yang diterima kaltimkece.id, Darmawan Prasodjo mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut. Penghargaan ini merupakan hasil upaya peningkatan kualitas layanan pelanggan yang dilakukan insan PLN.
"Jadi, ini bukan hanya hasil kerja dari seorang dirut, bukan hanya hasil kerja dari pimpinan BOD, tapi seluruh kekuatan PLN, baik itu insan PLN maupun tenaga alih daya kita,” kata Darmawan.
Ia pun mendedikasikan penghargaan ini kepada seluruh insan PLN yang berjuang memberikan pengabdian terbaik dan melayani pelanggan dengan sebaik-baiknya sehingga kepuasan pelanggan terhadap layanan PLN meningkat. Darmawan memastikan, PLN terus melakukan perbaikan untuk memastikan pelayanan kepada pelanggan meningkat. Salah satu perbaikan yang dilakukan PLN yakni meninggalkan cara-cara lama yang serba manual menuju digitalisasi.
“Kami melakukan digitalisasi pembangkit, digitalisasi transmisi dan distribusi, digitalisasi sistem keuangan, sistem pengadaan, sistem pembayaran, sampai digitalisasi sistem pelayanan pelanggan,” bebernya.
Aplikasi PLN Mobile adalah salah satu contoh inovasi digitalisasi yang dilakukan PLN. Transformasi ini dilakukan agar sistem pelayanannya lebih cepat dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Melalui aplikasi ini, petugas PLN dapat merespons cepat apa yang dibutuhkan pelanggan. Inovasi ini pun mendapat antusias dari masyarakat. Ini dilihat dari banyaknya yang mengunduh aplikasi tersebut. Hingga Sabtu, 19 November 2022, PLN Mobile sudah diunduh lebih dari 10 juta orang dan mendapatkan rating 4,8.
“Kalau bicara saya sebagai pemimpin paling populer di media sosial, Alhamdullilah, masyarakat menerima dan mengapresiasi perjuangan PLN dalam bertransformasi,” ucap Darmawan.
Sementara itu, Founder dan CEO PR Indonesia Asmono Wikan, mengatakan, peran humas sangat penting dalam sebuah lembaga dan perusahaan karena dapat meningkatkan reputasi perusahaan. “Dengan kekuatan komunikasi yang dilakukan komunikator dari humas, organisasi kita masih kokoh berdiri dengan reputasi yang sangat baik,” imbuhnya. (*)