Pariwara

Canggihnya Keyless Starter System dari Suzuki, Praktis Nyalakan Motor, Aman di Air Hujan

person access_time 2 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 227 Kali
Canggihnya Keyless Starter System dari Suzuki, Praktis Nyalakan Motor, Aman di Air Hujan

Teknologi keyless starter system tersemat di Suzuki GSX-R150. (istimewa)

Teknologi keyless starter system dari Suzuki kian memberi kemudahan kepada pengendara. Tetap aman dan nyaman.

Ditulis Oleh: PARIWARA
07 Oktober 2020

kaltimkece.id Suzuki GSX-R150 dilengkapi sistem keyless yang berfungsi menghidupkan mesin motor. Proses menghidupkan sepeda motor menjadi lebih mudah. Pemiliknya tinggal mengantongi remote di saku pakaian atau tas, kemudian putar kenop ke posisi on dan motor bisa di-starter.

Keyless starter system adalah sistem tanpa menggunakan anak kunci. Hanya mengenali nomor ID dengan saling memancarkan signal antara remote dengan keyless start controller yang terdapat pada sepeda motor.

Remote dapat digunakan untuk pengoperasian Main Switch Knob (steering lock/unlock dan switch on/off) tanpa mengeluarkan remote dari kantong atau tas. Selain itu sebagai fungsi Answer Back untuk memudahkan pemilik menemukan kendaraannya di area parkir dengan menekan tombol pada remote.

Apabila  battery remote  akan habis atau lemah, informasi tersebut akan dikirimkan ke Keyless Start Controller. Terdapat di sepeda motor pada saat Main Switch Knob di posisi  “(ON)” dengan ditandai lampu indicator keyless yang berkedip selama 20 detik.

Lantas, apakah remote ini aman jika terkena air hujan? Mungkin tidak sedikit yang bertanya amankah jika remote keyless terkena air hujan. Apalagi di dalam remote keyless tersebut terdapat komponen elektronik untuk menghubungkan remote ke ECU motor.

Namun demikian, kehujanan atau kena percikan air tidak masalah. Namun remote akan bermasalah jika terendam di dalam air. Jadi pabrikan sejatinya sudah memperhitungkan hal ini dan tidak akan masuk air ke dalam remote, kecuali memang terendam.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Keyless starter system yang tersemat pada Suzuki GSX-R150 dapat langsung menghubungi dealer terdekat di kota Anda. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini:

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar