Pariwara

Dari Konsumen hingga Jurnalis, Belajar Motor Trail di Yamaha Riding Academy Offroad

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 256 Kali
Dari Konsumen hingga Jurnalis, Belajar Motor Trail di Yamaha Riding Academy Offroad

Keseruan peserta YRA Offroad. (foto: istimewa)

Mengendari sepeda motor trail tidak sembarangan. Ada bahaya mengancam jika tak memahami trik-triknya.

Ditulis Oleh: PARIWARA
22 Oktober 2021

kaltimkece.id Sejak diluncurkan akhir Desember 2019, sepeda motor trail WR 155 R laris manis dipasaran. Padahal, mengendari sepeda motor trail tidaklah sembarangan. Ada trik-trik khusus agar penggunanya terhindar dari bahaya. Sadar hal tersebut, Yamaha selaku produsen WR 155 R, menghelat Yamaha Riding Academy (YRA) Offroad.

Pelatihan offroad yang dimulai sejak Oktober 2020 sampai sekarang itu diselenggarakan di sejumlah daerah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi dan Bandung. Kegiatan yang diikuti ratusan partisipan ini memberikan beberapa materi dasar mengendari WR 155 R, baik teori maupun praktik. Di antaranya mengenai basic riding skill yaitu cara tepat melakukan pengereman, berbelok, dan melewati jalan menanjak maupun menurun.

YRA Offroad juga menyuguhkan tips posisi berkendaraan seperti saat naik sepeda motor, berhenti, serta turun dari sepeda motor. Kemudian posisi ketika menikung, berdiri, melewati trek tanjakan maupun turunan. Selain itu ketika motor menghadapi jalan berlumpur, berlubang, rusak, berbatu, cara parkir di tempat tidak rata, hingga bagaimana mengatasi situasi saat motor terjatuh dan mendirikannya lagi.

Keterampilan para peserta kian terasah ketika menggeber WR 155 R di medan sesungguhnya. Mereka ditantang menaklukan beragam karakter trek offroad. Tidak hanya konsumen, YRA Offroad juga diikuti berbagai macam komunitas dan jurnalis.

“Dengan mengikuti program edukasi ini, konsumen kian memahami teknik mengendarai WR 155 R yang tepat dan dapat mempraktikkannya saat menjajal trek offroad,” terang Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA dan Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Antonius mengungkapkan, sejak dua tahun diluncurkan, WR 155 R telah meramaikan pasar di segmen sport offroad di Indonesia. Dengan demikian, kendaraan roda dua tersebut mendapatkan sambutan baik dari para konsumen. Ini diyakini tidak terlepas dari keunggulan WR 155 R yang dapat memenuhi kebutuhan para penggemar offroad.

Qibran Noval adalah salah satu pemilik WR 155 R sekaligus peserta YRA Offroad. Ia mengaku membeli WR 155 R untuk memenuhi cita-cita memiliki motor offroad impian. Dia pun mengaku puas mengikuti YRA Offroad. Dari pelatihan ini, Qibran mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat. Yang lebih penting lagi, ia dapat menyalurkan hobi barunya dalam dunia offroad.

“Saya jadi tahu kalau dalam dunia offroad itu ada aturan mainnya. Tidak boleh asal-asalan karena yang dihadapi itu bebatuan dan tanah yang bisa membuat cedera,” ungkap Qibran.

Yamaha juga merilis video pelatihan berkendara offroad di kanal YouTube Yamaha Motorcycle Life Archives (https://www.youtube.com/watch?v=LtiJJBUSFZQ). Bertajuk Kuroyama Dirt Bike Lessons, video yang ditayangkan berseri ini dipandu rider trail yang sudah mumpuni dari Jepang, Kenichi Kuroyama. (*)

Editor: Surya Aditya

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar