Pariwara

Dukung Pemulihan Pascagempa Cianjur, PLN Alirkan Penyambungan Listrik Sementara di Huntara

person access_time 2 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 289 Kali
Dukung Pemulihan Pascagempa Cianjur, PLN Alirkan Penyambungan Listrik Sementara di Huntara

Kehadiran listrik sementara dari PLN ini pun disambut oleh para warga penyintas gempa Cianjur. FOTO: ISTIMEWA

Kondisi penyintas gempa Cianjur belum sepenuhnya pulih. Layanan kelistrikan jadi prioritas PLN untuk dialirkan ke hunian sementara.

Ditulis Oleh: Fel GM
Rabu, 18 Januari 2023

kaltimkece.id PT PLN (Persero) terus bersiaga menjaga kelistrikan pascagempa Cianjur dengan memberikan layanan penyambungan sementara di Hunian Sementara (Huntara). Layanan sambung listrik sementara ini wujud komitmen PLN sebagai bagian dari Tim Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN, untuk meringankan duka para penyintas gempa Cianjur. Kegiatan sambung listrik sementara juga dirangkai edukasi bahaya ketenagalistrikan.

Kehadiran listrik sementara dari PLN ini pun disambut oleh para warga penyintas gempa Cianjur. Satu di antaranya adalah Titin. Menurut perempuan yang harus tinggal di pengungsian itu, kehadiran listrik PLN di Huntara sangat bermanfaat bagi dirinya dan keluarganya dalam beraktivitas sehari-hari.

Bagi Titin, listrik dari PLN tak hanya menerangi. Kehadiran listrik ini juga dapat memberi penghiburan. Karenanya, Titin berterima kasih atas kehadiran listrik sementara di tempat tinggalnya.

Selain penyambungan, keamanan penggunaan listrik juga menjadi perhatian PLN. Hal ini karena saat melakukan pengecekan, petugas masih menjumpai penggunaan kabel yang tidak berstandar SNI dan penggunaan stop kontak bertumpuk. Karenanya, PLN memberikan edukasi keselamatan kelistrikan kepada warga secara door to door dari satu kawasan huntara ke kawasan huntara lainnya. Di antaranya pada Huntara Kampung Gasol, dan Huntara Kampung Tugu, Cirumput, Kecamatan Cugenang, Cianjur.

Mewakili warga, Ketua RT 03 Kampung Tugu, Suhanda, juga menyampaikan terima kasih atas edukasi kelistrikan yang diberikan PLN. Menurutnya, penggunaan listrik yang aman penting untuk keselamatan mereka.

“Sosialisasi ini menyadarkan saya dan warga tentang pentingnya keselamatan warga di tengah pengungsian,” ujar Suhanda.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi aktif PLN dalam pemulihan pembangunan pascagempa, agar penyintas gempa segera bangkit kembali. Sejauh ini, PLN UP3 Cianjur telah memproses permohonan sambungan sementara untuk posko maupun huntara sebanyak 332 sambungan.

"Apabila ada institusi atau kelompok masyarakat, maupun pemerintahan ingin mengajukan penyambungan listrik sementara, pelanggan dapat menghubungi PLN melalui PLN Mobile," ungkap Susiana Mutia.

Susi menambahkan, sejak gempa hingga saat ini juga, PLN tetap menyiagakan personel dan infrastruktur untuk mendukung percepatan pemulihan pascagempa. Posko Siaga PLN Cugenang senantiasa bersiaga untuk melayani kendala kelistrikan yang dialami oleh pengungsi. Misalnya saat padam listrik dan pengamanan listrik saat dilakukan pembersihan puing-puing dengan alat berat.

Sebelumnya, YBM PLN telah memberikan bantuan 25 unit hunian sementara bagi warga korban bencana alam gempa bumi di Desa Cibeureum, Kecamatan Cugenang, Cianjur. Bantuan tersebut berasal dari dana infak dan sedekah para karyawan PLN. (*)

 

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar