Pariwara

Enam Hal yang Wajib Diketahui sebelum Mengendarai Skutik

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 196 Kali
Enam Hal yang Wajib Diketahui sebelum Mengendarai Skutik

Ilustrasi mengendari skutik. (foto: istimewa)

Mengendari skuter matik memang mudah. Akan tetapi, tanpa pengetahuan berkendara yang memadai, skutik bisa mendatangkan petaka.

Ditulis Oleh: PARIWARA
Jum'at, 05 Agustus 2022

kaltimkece.id Skuter matik alias skutik banyak digunakan masyarakat Indonesia. Ini dikarenakan skutik dinilai lebih praktis dan mudah dioperasikan. Akan tetapi, tanpa pemahaman berkendara yang memadai, kendaraan roda dua itu bisa menjadi momok bagi pengendaranya.

Manager Public Relation, YRA dan Community, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, mengatakan, mengendari skutik memerlukan pemahaman yang tepat, khususnya bagi pengendara pemula. Memiliki pemahaman berkendara yang baik akan mendukung keselamatan pengendara.

“Selain itu dapat mencegah dampak yang dapat merugikan pengendara yang lain,” kata Antonius Widiantoro.

Tak ingin masalah itu terjadi, Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan tips mengendarai skutik yang baik. Antonius Widiantoro berharap, ilmu ini dapat memberikan pengalaman berkendara yang maksimal dan menyenangkan untuk masyarakat.

1. Lengkapi Perlalatan Berkendara

Seringkali pengendara berpergian tanpa memperhatikan outfit yang digunakan. Padahal menggunakan perlengkapan berkendara menjadi dasar keselamatan berkendara. Disarankan menggunakan safety gear atau perlengkapan berkendara yang ukurannya pas dan nyaman seperti helm berstandar SNI. Pastikan juga visor helm dalam kondisi tertutup dan tali helm terkunci.

Gunakan juga jaket atau kaus lengan panjang, celana panjang, dan sepatu tertutup agar dapat melindungi tubuh dengan maksimal. Hindari penggunaan sepatu dengan hak tinggi agar lebih stabil dan seimbang saat berhenti.

2. Perhatikan Posisi Tubuh

Terlihat sederhana namun penting untuk dilakukan. Pastikan posisi berkendara harus rileks, mulai dari kepala, tangan, badan, dan kaki. Pastikan juga mendapat posisi duduk yang nyaman dengan menyesuaikan tinggi badan pengendara. Disarankan posisi tangan menyiku (seperti memeluk bola besar). Hindari posisi tangan yang lurus karena akan membuat keseimbangan berkurang terutama saat mengerem dan berbelok. Posisi berkendara yang benar akan membuat keseimbangan motor menjadi lebih baik sehingga motor lebih stabil dan mudah dikendarai.

3. Pahami Penggunaan Rem

Penggunaan rem sepeda motor menjadi hal penting yang harus diperhatikan semua pengendara, terutama pengendara perempuan saat melewati jalan macet dan kecepatan menengah hingga tinggi.

Saat kondisi jalan macet, disarankan menggunakan rem belakang dan hindari penggunaan rem depan. Ini juga berlaku saat berbelok melewati beberapa kendaraan karena akan membuat keseimbangan berkurang.

Saat menggunakan skutik dengan kecepatan menengah sampai tinggi, disarankan menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan dengan pengoperasian tuas rem secara halus atau perlahan. Hindari pengoperasian rem secara kasar atau hard braking agar ban tidak mudah mengunci atau slip.

4. Gunakan Pedal Gas dengan Halus

Skutik memang mudah dikendarai karena untuk menjalankannya, pengendara cukup menarik pedal gas. Dengan sedikit tarikan gas saja, sudah bisa membuat motor melaju. Agar berkendara tetap aman, disarankan mengoperasikan gas secara perlahan atau halus agar tenaga motor mudah dikendalikan oleh pengendara. Hindari pembukaan gas secara cepat atau spontan karena akan membuat motor susah dikendalikan. Pengendara juga dianjurkan memahami karakter sepeda motor yang digunakan untuk mempermudah pengendalian sepeda motor.

5. Kuasai Karakter Jalan

Saat berkendara, tentunya pengendara akan melalui beragam karakter jalan seperti tikungan, turunan, tanjakan, jalan bergelombang, dan kemacetan. Maka, sangat penting bagi pengendara menguasai atau memahami jalan yang dilalui agar lebih percaya diri. Ini juga dapat mengurangi potensi kecelakaan.

Pengendara dapat mencari jalan alternatif yang nyaman digunakan seperti permukaan jalan yang halus dan tidak terlalu padat. Sebaiknya hindari berkendara di jalan yang padat dan sepi pada malam hari.

6. Pilih Sepeda Motor yang Mudah Dikendarai

Jika pertama kali menggunakan sepeda motor, pengendara disarankan memilih kendaraan yang bodinya kompak, ramping, ringan, dan ramah untuk anak-anak. Ini agar pengendara lebih nyaman serta meningkatkan rasa percaya diri tanpa perlu khawatir dengan beban kendaraan.

Dari sejumlah produk Yamaha, Gear 125 menjadi skutik yang paling direkomendasikan untuk pemula. Selain memiliki desain yang apik dan bobot yang ringan, Gear 125 dilengkapi teknologi blue core generasi terbaru dengan smart motor generator (SMG) yang membuat suara mesin menjadi lebih halus serta performa lebih kuat, handal, dan efisien bahan bakar.

Ketangguhan motor ini didukung fitur unggulan yang mendukung kepraktisan dan kenyamanan berkendara bersama anak, seperti electric power socket untuk mengisi daya ponsel pengendara, gantungan ganda (double hook), dan rak aksesori yang besar di bagian depan sehingga daya tampung barang menjadi lebih banyak. Ada pula pijakan kaki anak sehingga anak lebih nyaman saat dibawa.

Selain pemahaman sebelum berkendara, pengendara juga wajib mematuhi peraturan lalu lintas, menjaga kondisi badan, dan performa sepeda motor. Pengendara dapat menjaga performa sepeda motor dengan melakukan servis rutin sesuai waktu yang disarankan di bengkel resmi atau terpercaya. Bagi para konsumen Yamaha, dapat memanfaatkan aplikasi My Yamaha App untuk mengetahui kondisi motor berdasarkan riwayat servis, mengingatkan jadwal servis dengan adanya servis reminder, buku panduan pemilik, informasi garansi, hingga pencarian dealer Yamaha terdekat. (*)

Editor: Surya Aditya

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar