kaltimkece.id Inovasi pemasaran yang diciptakan PT PLN (Persero) berbuah manis. Perusahaan milik negera itu diganjar empat penghargaan BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2022. Prestasi-prestasi ini disebut sebagai bukti bahwa PLN sukses bertransformasi.
Ajang tersebut merupakan rangkaian kegiatan Jakarta Marketing Week 2022 yang dilaksanakan di Jakarta pada Rabu, 18 Mei 2022. Kegiatan ini digelar oleh MarkPlus Inc, perusahaan jasa konsultasi, riset, edukasi, dan pemasaran.
Dalam BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2022, PLN meraih empat penghargaan sekaligus. Keempatnya yakni gold winner sebagai The Most Promising Company In Tactical Marketing, silver winner sebagai The Most Promising Company In Branding Campaign, Dewi BUMN 2022, serta CMO (Chief Marketing Officer) of The Year BUMN.
Penjurian penghargaan ini melibatkan anggota Jakarta CMO Club, Indonesia Marketing Association dan International Council for Small Business di Indonesia yang seluruh anggotanya berasal dari swasta.
Dalam sambutannya, Menteri BUMN, Erick Thohir, mengapresiasi perusahaan pelat merah yang berpartisipasi dan menunjukkan kapasitasnya dalam ajang tersebut. Menteri Erick menjelaskan, secara hakikat para profesional marketing merupakan agen perubahan yang mendapatkan amanah.
“Selamat kepada pemenang. Semoga penghargaan ini membawa energi positif bagi BUMN, masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.
_____________________________________________________INFOGRAFIK
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Diah Ayu Permatasari, menyatakan bahwa penghargaan-penghargaan yang diraih ini merupakan bukti PLN sebagai aset terbesar Indonesia yang berhasil melakukan terobosan-terobosan dalam proses transformasi.
“Dalam marketing, yang paling utama adalah memberikan solusi. Oleh karena itu, kami menciptakan inovasi produk berdasarkan apa yang dibutuhkan pelanggan,” terangnya.
Saat ini, sambung dia, PLN fokus melayani pelanggan untuk memperluas pemasaran ke pasar global untuk bisa go international. Untuk mencapai mimpi tersebut, PLN telah meluncurkan produk bersertifikat penggunaan energi baru terbarukan (EBT) atau renewable energy certificate (REC).
Dengan membeli REC, maka pelanggan menggunakan energi yang berasal dari pembangkit listrik berbasis EBT. Pembangkit tersebut diaudit oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs, yang berlokasi di California, Amerika Serikat.
Sementara itu, Founder dan Chairman MarkPlus Inc, Hermawan Kertajaya, mengapresiasi PLN yang menjaga transformasi menuju Indonesia yang lebih baik. Menurutnya, pada zaman ini, BUMN harus terus berinovasi dalam menjalankan roda bisnisnya. Penghargaan yang didapat PLN pun disebut menjadi bukti bahwa BUMN mau berubah menjadi lebih baik.
“Kita mesti menunjukkan bahwa BUMN punya mindset dan mau beradaptasi. Jika masih mengadopsi gaya kolonial, maka tidak akan bisa berkembang,” tutup Hermawan. (*)
Editor: Surya Aditya