Pariwara

Ketika MHU Berupaya Menjaga Lingkungan lewat Seminar Satu Bumi untuk Masa Depan

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 122 Kali
Ketika MHU Berupaya Menjaga Lingkungan lewat Seminar Satu Bumi untuk Masa Depan

PT Multi Harapan Utama mengadakan seminar lingkungan di Hotel Harris Samarinda, Kamis, 16 Juni 2022. (foto: istimewa)

Pemulihan lingkungan disadari menjadi tanggung jawab semua pihak, khususnya sektor pertambangan.

Ditulis Oleh: PARIWARA
20 Juni 2022

kaltimkece.id PT Multi Harapan Utama (MHU) menggelar seminar #OnlyOneEarth: Satu Bumi untuk Masa Depan di Hotel Harris Samarinda, Kamis, 16 Juni 2022. Forum untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini bertujuan meningkatkan kepedulian dan budaya inovatif yang berwawasan lingkungan.

Acara tersebut menghadirkan sejumlah pembicara berkompeten di bidang lingkungan. Di antaranya, Direktur Pengendalian Pencemaran Air dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, C.H. Nety Widayati; Subkoordinator Perlindungan Lingkungan Batubara dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Tiyas Nurcahyani; dan akademikus Institut Pertanian Bogor, Dr Indika Mansur.

Seminar ini mengangkat tema Pengelolaan Air Limbah Kegiatan Pertambangan Menggunakan Metode Lahan Basah Buatan. Dengan tema ini diharapkan masyarakat dapat menjaga alam semesta beserta isinya.

Kepala Teknik Tambang MHU, Aris Subagyo, menjelaskan tentang seminar tersebut. Dalam seminar, MHU, yang merupakan perusahaan tambangan batu bara di Kutai Kartanegara dan Samarinda, menggali ilmu tentang lingkungan dari para ahli. Pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh akan diterapkan dalam perlindungan lingkungan perusahaan.

“Kami sama-sama menggali ilmu dari para narasumber yang disebut amazing speaker. Mereka adalah pembicara yang levelnya tidak diragukan lagi untuk kapabilitas dan juga kompetensinya sehingga kami bisa gunakan ini secara praktis di lapangan,” beber Aris.

_____________________________________________________INFOGRAFIK

Sementara itu, Direktur Teknik dan Lingkungan, Mineral dan Batubara selaku Kepala Inspektur Tambang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Sunindyo Suryo Herdadi, menyatakan bahwa menjaga keberlangsungan lingkungan hidup merupakan sebuah keniscayaan. 

“Pemulihan lingkungan merupakan kewajiban bagi kita semua dalam rangka menjaga keberlanjutan pembangunan, khususnya dari subsektor kegiatan pertambangan mineral dan batu bara,” terang Sunindyo saat memberikan sambutan.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia ditetapkan setiap 5 Juni oleh United Nations of Environment Programme (UNEP) dalam Konferensi Stockholm 1972. Tahun ini, berdasarkan website World Environment Global, peringatan Hari Lingkungan Hidup mengangkat tema #OnlyOneEarth. (*)

Editor: Surya Aditya

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar