kaltimkece.id Mau ganti motor keren? Tidak perlu menunggu tahun baru. Sekarang kalian sudah bisa bergaya dengan sepeda motor impian. Solusinya, tentu saja, sepeda motor Yamaha.
Yamaha Kaltim mendekati akhir tahun, di Oktober ini, dengan promo besar-besaran. Bukan hanya harganya, tetapi sepeda motor dengan nama besarnya pun sudah siap dibawa pulang ke rumah.
PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) Main Dealer Yamaha Kaltimtara kali ini benar-benar membuat kalian, para penggemar Yamaha, terkesima. Bayangkan, sepeda motor NMAX Turbo yang paling keren saat ini bisa dengan mudah kalian bawa pulang. Bukan hanya NMAX Turbo, tetapi Yamaha Lexi LX 155 juga siap untuk kalian kendarai.
Asisten Manajer PT STSJ Kaltim, Efendy Ariadi, menerangkan bahwa pada Oktober ini, Yamaha Kaltim memang banyak memberi kejutan bagi seluruh lapisan masyarakat.
"Bulan Oktober ini kami memang banyak memberikan promo yang betul-betul jangan sampai terlewatkan. Bayangkan saja, kalian bisa bawa pulang dengan persyaratan ringan untuk sepeda motor super canggih Yamaha NMAX Turbo dan Lexi LX 155," ujar Efendy.
Bagaimana tidak mudah untuk membawa pulang sepeda motor impian tersebut? Untuk membawa pulang NMAX Turbo, kalian hanya perlu menyiapkan uang muka sebesar Rp 3jutaan. Dengan uang muka tersebut, kalian akan dikenakan angsuran bulanan hanya Rp 1 jutaan (syarat dan ketentuan berlaku).
Demikian pula halnya bagi kalian yang mengimpikan Yamaha Lexi LX 155. Cukup bayar uang muka sebesar Rp700 ribu, dengan angsuran bulanan Rp1 juta. Maka Yamaha Lexi LX 155 siap mendarat di halaman rumah.
"Semua ini memang spesial untuk kalian, para penggemar Yamaha di Kaltim. Jadi tunggu apalagi untuk membawa pulang sepeda motor hebat ini, baik Yamaha NMAX Turbo maupun Lexi LX 155. Buruan merapat ke dealer terdekat, urus administrasinya, dan siap-siap menyambut tahun baru dengan motor baru," jelas Efendy.
Meski Yamaha memberikan promo-promo yang menggiurkan, rupanya itu belum cukup bagi pelanggan setianya. Yamaha juga tetap memberikan garansi rangka selama lima tahun. Ini menjadi bukti jika Yamaha semakin di depan.
Berbagai sentuhan pembaruan yang ada pada NMAX Turbo, terutama di bagian sektor jantung pacu. Seperti, Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT). Perbedaan yang paling menonjol pada mesin NMAX Turbo adalah penggunaan teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional. YECVT bekerja dengan memanfaatkan komponen kelistrikan khusus, yang meliputi Control Unit, Actuator, serta beberapa Sensor, yang mendapatkan garansi 2 tahun dan berbagai memiliki fungsi.
Berbagai fungsi tersebut seperti Transmission Control Unit (TCU) yangmengatur pergerakan ECVT motor dengan menginformasikan kondisi ECVT ke Smart Generator Control Unit (SGCU). ECVT Motor yang menggerakkan Pulley Primary. Sensor Motor Position (Primary) yang mendeteksi pergerakan Pulley Primary dan memberikan input ke TCU. Speed Sensor (Secondary) yang mendeteksi pergerakan Pulley Secondary dan memberikan input ke TCU.
Sementara untuk komponen penggerak YECVT, terdiri dari Primary Sheave Assy (bebas perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor, dan juga Gear Reduction Driven yang seluruh komponen tersebut mendapatkan garansi 3 tahun. Diameter Pulley juga didesain lebih besar 10 mm, V-belt lebih lebar 0,8 mm, dan Spring Secondary yang lebih panjang 48,7 mm serta lebih keras 163N pada area CVT NMAX Turbo. Sehingga membuat akselerasi motor menjadi lebih responsif.
Dengan penambahan teknologi YECVT pada mesin NMAX Turbo, skutik ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung kualitas berkendara di level tertinggi. Di antaranya Riding Mode dengan dua pilihan berkendara yang meliputi S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan), serta Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam tiga tingkatan: Low (1), Medium (2), dan High (3).
Body Cylinder. Selain adanya YECVT, mesin Blue Core 155 cc VVA generasi terbaru pada NMAX Turbo kini juga memiliki dinding Cylinder yang dibuat sehalus mungkin (Mirror Bore Cylinder) untuk meminimalisir gesekan dan mengurangi oil loss. Efeknya, suara mesin pun menjadi lebih halus dan minim vibrasi. Crankshaft & Rotor Assy. Perubahan lain pada mesin NMAX Turbo juga terdapat pada dimensi Crankshaft yang kini menjadi lebih panjang, yaitu 301,4 mm, dibandingkan 283,8 mm dengan NMAX generasi sebelumnya. Perubahan ukuran tersebut terjadi untuk mengakomodasi komponen baru, yaitu YECVT Gear yang terpasang di area CVT motor.
Selain Crankshaft, Rotor Assy sepeda motor juga kini menjadi lebih compact, baik dari segi dimensi total yang kini berukuran 43,75 mm (NMAX sebelumnya 44,2 mm) maupun juga bobot yang kini menjadi 1.130 gram (NMAX sebelumnya 1.250 gram). Adanya efisiensi pada bagian Rotor Assy pun mampu mengurangi beban mesin, sehingga berimbas positif kepada torsi yang meningkat.
Camshaft. Bagian Camshaft pada NMAX Turbo juga turut mendapat sentuhan pembaruan. Jika pada generasi NMAX sebelumnya pin dowel yang berfungsi sebagai dudukan sprocket cam chain dibuat terpisah, kini menjadi satu kesatuan (built-in) dengan Camshaft. Efeknya menjadi lebih rigid sehingga lebih minim gesekan.
Hydraulic Tensioner. Salah satu perubahan pada mesin Blue Core 155 cc VVA generasi terbaru yang dipakai oleh NMAX Turbo ada pada bagian tensioner. Jika pada mesin generasi sebelumnya gate stopper (bantalan untuk menekan rantai keteng) hanya ditekan oleh per dan tuas, kini proses penekanan dilakukan dengan mengombinasikan per dan juga oli, atau disebut dengan istilah Hydraulic Tensioner. Penggunaan Hydraulic Tensioner membuat kinerja mesin menjadi lebih minim vibrasi dan suara lebih halus saat beroperasi.
Jalur Oli Baru. Salah satu perubahan signifikan pada mesin NMAX Turbo adalah jalur oli baru. Pada mesin NMAX sebelumnya, jalur oli hanya untuk menyuplai pelumasan di bagian Cylinder Head dan Cylinder Body saja. Namun kini ditambah ke bagian Hydraulic Tensioner dan juga komponen YECVT Gear. Dengan adanya jalur oli baru ini, maka desain Crankcase menjadi berbeda dengan mesin Blue Core 155 cc yang digunakan oleh skutik MAXi Yamaha lainnya.
Spesifikasi Yamaha Lexi LX 155
Simple but MAXi Performance. LEXi LX 155 dilengkapi dengan mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru. Sentuhan pembaruan tersebut dapat dilihat pada desain camshaft, piston, dan head serta jalur oli. Sehingga menghasilkan performa yang lebih baik karena minim gesekan serta vibrasi. Mesin terbaru pada LEXi LX 155 menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW/8000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,2 Nm/6500 rpm. Selain itu, mesin LEXi LX 155 juga telah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation), SOHC, 4 valve, dan liquid cooled.
Pada mesin produk teranyar Yamaha ini sudah disematkan Stop & Start System yang berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti. Selain itu, terdapat Smart Motor Generator yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan. Istimewanya, untuk LEXi LX 155 Connected ABS, motor ini dilengkapi sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) untuk mengoptimalkan pengereman saat berkendara dan semakin nyaman dikendarai.
Simple but MAXi Pleasure. Selain dibekali dengan mesin baru, LEXi LX 155 mempunyai keunggulan yang merupakan ciri khas LEXi, yaitu flat footboard yang memudahkan pengguna mengakses ruang kaki saat berkendara. Kenyamanan posisi berkendara juga didukung ruang kaki yang lega dan desain jok baru yang lebih rendah dan ramping. Sehingga lebih nyaman dikendarai sendiri maupun berboncengan.
Sepeda motor ini layak jadi pilihan untuk penggunaan sehari-hari. Pada bagian kaki-kaki, sepeda motor ini dilengkapi dengan Sub-Tank Suspension untuk peredaman yang lebih optimal. Sehingga turut mendukung performa berkendara yang lebih nyaman di berbagai kondisi jalan. Kenyamanan mengendarai LEXi LX 155 semakin bertambah karena memiliki ban lebar tubeless dengan ukuran ban depan 90/90â14" dan ban belakang 100/90â 4".
Kualitas skutik anyar ini semakin dapat diandalkan karena memiliki bobot teringan di kategori MAXi Yamaha, yaitu 116-118 kg. Hal ini mendukung kelincahan saat dikendarai dan memudahkan ketika diparkir. Selain itu, terdapat Handlebar Switch Control dengan desain baru, yang berfungsi memudahkan pengendara untuk merubah informasi dan pengaturan pada speedometer dengan tombol pengatur di handle sebelah kiri. Tak ketinggalan, untuk mendukung kelancaran komunikasi biker, LEXi LX 155 disematkan electric power socket yang bermanfaat untuk mengisi daya gadget.
Simple but MAXi Design. LEXi LX 155 juga memiliki desain anyar yang mempunyai karakter khas MAXi Yamaha dengan dimensi MAXi yang terlihat lebih sporty, elegan, dan modern. Tampilan baru ini menambah rasa percaya diri dan kebanggaan saat berkendara dengan LEXi LX 155. Pada bagian bodi sepeda motor ini juga memiliki lampu depan dan belakang dengan desain baru menggunakan teknologi LED yang lebih terang dan awet. Kesan premium bertambah karena dilengkapi blue lenses berbentuk V-Lines pada lampu depan. Selain itu, terdapat full LCD speedometer dengan desain baru yang futuristik dan informatif.
Simple but MAXi Technology. Yamaha juga menyediakan teknologi modern pada LEXi LX 155, di antaranya pengendara dapat menggunakan Smart Key System. Yaitu sistem kunci canggih tanpa anak kunci (keyless) yang dilengkapi fitur Answer Back System, yang memudahkan pengendara mencari posisi parkir sepeda motor.
Untuk memenuhi kebutuhan konsumen di era modern yang selalu up to date, biker dapat terkoneksi dengan sepeda motor melalui aplikasi Y-Connect. Dengan menginstal aplikasi Y-Connect dan menghubungkan smartphone ke S-CCU sepeda motor, pengguna dapat menerima berbagai informasi bermanfaat. Di antaranya memperoleh informasi mengenai rekomendasi perawatan sepeda motor, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfungsi, notifikasi pesan, dan telepon masuk yang tampil pada speedometer, ranking berkendara terkait jarak tempuh (mileage) dan konsumsi bensin (eco point), riding log atau histori perjalanan, serta Revs Dashboard berpenampilan atraktif.
Yamaha menyediakan LEXi LX 155 dalam tiga varian, yaitu LEXi LX 155 Connected ABS dengan warna Magma Black, LEXi LX 155 S Version yang mempunyai tiga warna. Yakni Magma Black, Elixir Dark Silver, dan Matte Red, serta LEXi LX 155 dengan warna Metallic Black, Matte Grey, dan Metallic Red.(*)