Pariwara

Pariwara: Majalah Gerbangmas

person access_time 8 months ago remove_red_eyeDikunjungi 501 Kali
Pariwara: Majalah Gerbangmas

Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh menyiapkan sebuah gerakan bernama Gerbangmas. Mengusung empat program utama, Gerbangmas menjadi gerbang bagi masyarakat di 50 kampung mengejar ketertinggalan.

Turun-temurun selama ribuan tahun menghuni hulu Sungai Mahakam, warga belum tersentuh pembangunan. Lahirnya Kabupaten Mahakam Ulu membawa harapan kepada masyarakat yang terpinggirkan.

Ditulis Oleh: Fel GM
19 April 2018

kaltimkece.id Hulu Sungai Mahakam diperkirakan telah dihuni empat ribu hingga enam ribu tahun lalu. Sebagaimana di penjuru Kalimantan, nenek moyang suku Dayak di hulu Sungai Mahakam disebut berasal dari utara.

Teori Mikhail Coomans, dalam bukunya berjudul Manusia Daya, Sekarang dan Masa Depan (1999), adalah yang paling sering dijadikan rujukan. Coomans, uskup pertama di Samarinda, menyatakan bahwa orang Dayak datang dari daratan Asia yaitu Provinsi Yunan di selatan Tiongkok. Namun, beberapa teori lain bahwa nenek moyang suku Dayak telah hidup di Kalimantan sejak zaman es, juga sering dibahas [baca selengkapnya dengan mengunduh Majalah Gerbangmas].

Download Majalah Gerbangmas di sini.

 

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait

Pariwara

Pariwara: Majalah Gerbangmas

access_time8 months ago

Tinggalkan Komentar