kaltimkece.id Rantai merupakan komponen penting bagi jenis motor bebek dan sport. Komponen ini berperan sebagai penggerak kendaraan. Energi gerak motor yang dihasilkan dari kinerja mesin ke roda belakang terjadi berkat daya yang diteruskan oleh rantai.
Mengingat pentingnya fungsi rantai, konsumen wajib memperhatikan perawatannya sehingga bagian tersebut dapat bekerja dengan baik. Dengan begitu, kinerja maksimalnya dapat mendukung kelancaran aktivitas berkendara penggunanya.
”Rantai merupakan komponen penting pada motor tipe sport dan bebek yang berfungsi sebagai penerus tenaga ke roda belakang. Karenanya, perlu mendapatkan perawatan rutin. Kondisi rantai yang aus akan memengaruhi kinerja rantai. Untuk itu, Yamaha memberikan sejumlah poin perawatan yang bisa dilakukan konsumen dan kondisi yang harus diperhatikan apabila perlu penggantian komponen,” ungkap Riyadi Prihantono, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Adapun indikator rantai sudah tidak layak digunakan atau rusak adalah mengeluarkan suara yang berisik, permukaan rantai aus, rantai mudah kendur, tarikan motor terasa berat, tenaga motor tidak maksimal.
Berikut panduan perawatan dan penggantian rantai sepeda motor dari Yamaha. Untuk perawatan, periksa kekencangan, kelancaran dan kondisi rantai serta gear rantai. Penyetelan rantai tidak boleh terlalu kencang ataupun longgar. Kekencangan rantai harus dijaga agar tetap di batas yang sudah ditentukan. Batas kekencangan rantai (free play) ada di buku petunjuk pemilik, biasanya di rentang 25-35 mm. Rantai yang terlalu kencang akan membebani mesin dan komponen lainnya. Jika terlalu longgar, bisa terlepas dan merusak komponen lainnya.
Untuk menyetel rantai, posisikan kendaraan pada tempat yang datar. Gunakan main stand atau standar tengah agar motor dalam keadaan seimbang dan roda belakang dapat diputar dengan bebas. Putar roda belakang beberapa kali dan cari posisi paling kencang. Periksa kelonggaran rantai, jika di luar spesifikasi, lakukan penyetelan. Setelah itu, gerakkan rantai lalu cek kelancaran gerakan rantai dan kondisi gear rantai. Jika aus, ganti gear set beserta rantai.
Setel dan lumasi dengan cairan pelumas rantai yang direkomendasikan. Selain menjaga kekencangan rantai sesuai batas yang ditentukan, harus dilumaskan agar rantai bergerak lancar tanpa terganggu kotoran dan debu. Hindari melumasi rantai menggunakan oli bekas atau oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi atau yang direkomendasikan karena akan menyebabkan rantai akan cepat berkarat, renggang, kaku dan gear rantai cepat aus.
Untuk mengganti rantai dan gear set motor, jika kondisi rantai sudah kaku dan renggang. Kondisi tersebut tetap tidak berubah meskipun sudah dilakukan pembersihan, pelumasan, atau penyetelan.
Gear rantai yang aus adalah salah satu penyebab rantai longgar. Jika keausan mata gear sudah di luar spesifikasi, biasanya rantai akan tetap longgar meskipun sudah disetel maksimum. Gantilah satu set gear rantai yaitu gear kecil dan gear besar.
Jangan lupa juga selalu periksa rantai setiap 500-1.000 km atau sehabis motor dicuci. Rawat dan ganti rantai di bengkel resmi Yamaha karena perawatan rantai adalah salah satu item pengerjaan service. (*)