kaltimkece.id Saling mengincar pangsa pasar satu sama lain guna memperluas segmen pasar masing-masing, main dealer motor Yamaha area Kaltim bekerja sama dengan pusat belanja bersaudara e.Walk dan Pentacity Shopping Venue kawasan Balikpapan Super Block (BSB) melalui Motor Ownership Program.
"Kerja sama dalam bentuk barter unit Yamaha dengan space pameran selama tiga tahun di eWalk dan Pentacity," sebut Branch Manager (BM) Sales & Marketing Yamaha Area Kaltim E Aryanto setelah penyerahan unit di e.Walk, Rabu, 30 September 2020.
Sebanyak 21 motor Yamaha berbagai tipe disiapkan untuk mendukung kerja sama tersebut. Ia pun meyakini, skema kerja sama ini mampu memperkuat brand image. Saat ini kegiatan pameran yang digelar di pusat belanja tersebut berdurasi 10 hari setiap bulannya. "Jadi untuk memperbesar komunitas pengguna (motor) Yamaha," serunya.
Kaitannya dengan penguatan brand image, sepanjang 2020 penjualan otomotif terpengaruh pandemi Covid-19. Tidak terkecuali Yamaha di wilayah kerjanya. Namun ia menegaskan, sejak tiga bulan terakhir, tren penjualan unit motornya kembali bergairah seiring dimulainya aktivitas masyarakat di tengah keterbatasan kebiasaan alias new normal.
"Sebelumnya masyarakat mengurangi aktivitas, sekarang sudah normal kembali meskipun belum pulih seperti sebelum pandemi Covid-19," jelasnya.
Agar gairah pasar semakin terpacu, Yamaha pun berencana menelurkan produk terbaru. Terkait itu, Koordinator PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) area Kalimantan Tintan Gunawan membenarkannya. "Kami sudah punya planning untuk launching beberapa produk baru," ungkapnya memberi bocoran.
Sayang, ia memilih merahasiakan kepastian waktu. "Ditunggu saja," sergahnya. Yang jelas, dia memastikan, produk barunya merupakan YANG terbaik dan sesuai kebutuhan konsumen. Tipe matic dipastikan kembali menjadi pilihan. "Karena penjualan didominasi produk matic, pasti produk baru yang akan launching juga matic," paparnya. Apalagi saat ini, sambungnya, pangsa pengguna motor matic semakin bertambah. Itu artinya, ceruk pasar masih lebar.
Terkait kerja sama dengan Yamaha area Kaltim, General Manager (GM) e.Walk dan Pentacity Yudhi Saharuddin menilai Motor Ownership Program merupakan cara efektif memperkuat bisnis. "Seperti diketahui kondisi ekonomi sekarang agak susah, jadi kami buat program barter berlaku tiga sampai empat tahun ke depan, motornya bisa digunakan sejak sekarang, jadi kami tetap optimis bisnis ke depan semakin bagus," tuturnya.
Secara akurasi, dia menyebut, dari total 21 unit motor Yamaha, 18 di antaranya dialokasikan untuk program kemudahan kredit motor bagi karyawan e.Walk dan Pentacity. Sedangkan sisanya, sebanyak tiga unit, untuk dihadiahkan kepada pengunjung lewat program undian.
"Semoga ini menjadi penyemangat bagi karyawan saat masa sulit seperti sekarang ini. Kami juga berharap, bisnis akan terus berjalan bagus, ekonomi segera pulih sehingga Yamaha bisa terus menggelar pameran," jelasnya.
Dan bagi pengunjung, tiga unit motor Yamaha yang disiapkan sebagai hadiah undian diharapkan semakin meningkatkan loyalitas. (*)
Editor: Bobby Lolowang
Ikuti berita-berita berkualitas dari kaltimkece.id dengan mengetuk suka di halaman Facebook kami berikut ini: