Pariwara

PLN Gandeng IZI Kaltim Adakan Pelatihan Keterampilan Bekam

person access_time 1 week ago remove_red_eyeDikunjungi 118 Kali
PLN Gandeng IZI Kaltim Adakan Pelatihan Keterampilan Bekam

YBM PLN UPDK Mahakam dan IZI Kaltim bekerja sama mengadakan pelatihan bekam. FOTO: ISTIMEWA

Pelatihan ini untuk dapat menambah keterampilan kaum mustahik. Dengan begitu, kemiskinan dapat dientaskan.

Ditulis Oleh: PARIWARA
Jum'at, 23 September 2022

kaltimkece.id Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkitan (UPDK) Mahakam membuat Program Pemberdayaan Ekonomi Pelatihan Keterampilan Bekam. Program ini merupakan kerja sama YBM PLN UPDK Mahakam dengan Inisiatif Zakat Indonesia atau IZI Kaltim.

Sabtu, 17 September 2021, perwakilan YBM PLN UPDK Mahakam, Sumarjo, meluncurkan program tersebut di Rumah Ekonomi IZI di Samarinda. Peluncuran ini dihadiri Kepala Perwakilan IZI Kaltim, Herlan Fauzy; dan perwakilan Kementerian Agama Kaltim, Munawwarah.

Dalam keterangannya, Sumarjo menjelaskan, melalui program tersebut, PLN dan IZI Kaltim memberikan pelatihan keterampilan bekam kepada sejumlah masyarakat. Tujuan pelatihan ini agar penerima manfaat memiliki banyak peluang untuk menambah penghasilan. Dengan begitu, perekonomian masyarakat dapat meningkat.

“Pelatihan ini terealisasi berkat kerja sama dengan IZI Kalimantan Timur. Kami mempunyai visi yang sama yaitu memberikan manfaat dan menyejahterakan umat. Jika penerima manfaat sudah sejahtera, Insya Allah, akan memberikan manfaat kepada orang lain,” jelas Sumarjo.

Selain memberikan pelatihan, dalam peluncuran Program Pemberdayaan Ekonomi Pelatihan Keterampilan Bekam, YBM PLN juga memberikan bantuan langsung berupa uang tunai Rp 35 juta. Sumarjo berharap, program pelatihan bekam ini dapat menjadi program unggulan dalam pengolahan dana zakat untuk mengentaskan kemiskinan.

“Insya Allah, pelatihan bekam ini memiliki potensi besar. Selain dapat menjadi solusi kesehatan di masa pandemi, keterampilan ini juga mampu memberikan peluang rezeki untuk para peserta pelatihannya,” ujarnya.

Sementara itu, Herlan Fauzy meyakini, program pelatihan bekam ini dapat mengentaskan kemiskinan. Mengingat, pelatihan ini diberikan kepada kaum mustahik. “Kami sangat optimis pelatihan bekam ini memiliki potensi yang besar,” ucapnya.

Irwan adalah salah satu pelatihan bekam ini. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada YBM PLN dan IZI Kaltim yang telah menyelenggarakan pelatihan keterampilan bekam. “Saya berharap, keterampilan ini bisa memberikan manfaat yang besar untuk orang-orang yang membutuhkan serta menjadi peluang kami untuk mencari rezeki,” ujarnya. (*)

shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar