Pariwara

PLN Tingkatkan Keandalan Listrik di Kalimantan Barat Jelang Imlek dan Cap Go Meh 2023

person access_time 2 weeks ago remove_red_eyeDikunjungi 487 Kali
PLN Tingkatkan Keandalan Listrik di Kalimantan Barat Jelang Imlek dan Cap Go Meh 2023

PLN menyiapkan diri jelang Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2023 di Kalimantan Barat. FOTO: ISTIMEWA

PLN menyiapkan diri jelang Perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2023 di Kalimantan Barat. Sebanyak 55 personel disiapkan berjaga selama 24 jam.

Ditulis Oleh: PARIWARA
Kamis, 19 Januari 2023

kaltimkece.id PT PLN (Persero) pastikan pasokan listrik di Kalimantan Barat andal jelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2023. Provinsi dengan populasi etnis Tionghoa terbesar kedua di Indonesia akan menggelar berbagai perhelatan untuk menyemarakkan Imlek dan Cap Go Meh pada 20 Januari 2023 sampai 6 Februari 2023. 

Berbagai langkah perbaikan telah dilakukan PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan untuk memastikan jaringan transmisi dan gardu induk tetap andal. Manajer Unit Pelaksana Penyaluran dan Pengatur Beban (UP3B) Sistem Kalimantan Barat, Sudarto, mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan 55 personel yang akan bersiaga 24 jam untuk menjaga keandalan jaringan listrik. 

“Kami memastikan kondisi listrik terutama di titik-titik perayaan benar-benar aman. Kami juga telah menyiapkan contigency plan sebagai antisipasi jika terjadi gangguan sehingga proses recovery dapat dilaksanakan dengan cepat,” ujar Sudarto. 

PT PLN (Persero) pastikan pasokan listrik di Kalimantan Barat andal jelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2023. FOTO: ISTIMEWA
 

Secara kecukupan daya, Sudarto memastikan pasokan daya pembangkit di Sistem Khatulistiwa saat ini dalam kondisi prima, dengan cadangan daya sebesar 232 Mega-watt (MW).

"Pembangkit-pembangkit listrik di Kalbar saat ini mampu memasok listrik dengan kapasitas 646 MW dengan rata-rata beban puncak mencapai 421 MW," kata Sudarto.

Sudarto menjelaskan, pihaknya telah melakukan perbaikan dan pengecekan untuk memastikan peralatan di gardu induk bekerja dengan baik sesuai dengan standard yang ditentukan. “Selain memastikan peralatan bekerja dengan baik, kami juga memastikan jaringan transmisi aman dari hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan seperti pohon dan layangan,” jelas Sudarto.

PT PLN (Persero) pastikan pasokan listrik di Kalimantan Barat andal jelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2023. FOTO: ISTIMEWA

Layang-layang sejauh ini memang menjadi momok terbesar penyebab gangguan jaringan transmisi PLN di Kalbar. Untuk menghindari ancaman layangan, Sudarto mengatakan, PLN telah rutin menggalakkan razia layangan, dengan menggandeng TNI, POLRI dan perangkat desa setempat. 

“Untuk menjaga keandalan listrik tetap terjaga selama Imlek dan Cap Go Meh, kami mengimbau masyarakat untuk tidak bermain layangan, terutama di sekitar tower transmisi dan gardu induk,” imbau Sudarto.(*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar