Pariwara

Serunya Gowes Nasionalis Aston Samarinda, Pelaksanaan Tahun Ketiga, Berhadiah Paling Banyak

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 1188 Kali
Serunya Gowes Nasionalis Aston Samarinda, Pelaksanaan Tahun Ketiga, Berhadiah Paling Banyak

Peserta Gowes Nasionalis bersiap start dari Aston Samarinda. (wahyu musyifa/kaltimkece.id)

Gowes Nasionalis kembali digelar Aston Samarinda Hotel & Convention Center. Bertepatan pula sebagai peringatan terbentuknya Aston Samarinda Bikers Club.

Ditulis Oleh: Adolf Reisha Ding
12 November 2019

kaltimkece.id Menjadi acara rutin Aston Samarinda Hotel & Convention Center, Gowes Nasionalis digelar untuk ketiga kali. Salah satu bentuk ajakan kepada masyarakat, khususnya di Samarinda, untuk giat berolahraga. Tahuh ini, diselenggarakan Minggu, 10 November 2019. Total 452 orang berpartisipasi pada acara tersebut.

Sejak pukul 06.00 Wita, pinggir trotoar Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Pelabuhan, Samarinda Kota, mulai padat dengan kelompok orang bersepeda. Beberapa mobil pikap berhenti menurunkan sepeda-sepeda peserta. Dan tepat pukul 07.00 Wita, mobil patroli dan pengawalan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Samarinda memimpin perjalanan para peserta gowes.

Ratusan partisipan mengular sepanjang Jalan P Hidayatullah. Total 452 peserta, berasal dari 18 komunitas dan perorangan. Mengayuhkan pedal dengan rute sepanjang 20 kilometer. Mobil ambulans dan kendaraan pikap turut membuntuti para pesepeda. Di setiap persimpangan jalan juga terlihat petugas berjaga mengamankan.

Adapun rute Gowes Nasionalis dimulai dari muka Aston Samarinda Hotel & Convention Center di Jalan Pangera Hidayatullah. Berlanjut ke Jalan Pulau Irian, Yos Sudarso, Gajah Mada, hingga RE Martadinata. Dari sana belok kanan menuju Jalan P Antasari, Juanda, Abdul Wahab Syahranie, lalu M Yamin. Lanjut lagi ke Jalan Mayjend S Parman, Gatot Subroto, Kartini, dan finis kembali di depan Aston Samarinda Hotel & Convention Center. Dengan waktu jarak tempuh sekitar satu jam, para peserta sudah terlihat kembali memadati sekitaran hotel berbintang empat itu.

Sekaligus dalam rangka memeringati hari jadi Aston Samarinda Bikers Club (ASBC), Asyam Susanto selaku Panitia Gowes Nasionalis 2019, bertutur mengenai tujuan acara tersebut. “Kami dari ASBC ingin membuat masyarakat tetap berolahraga dan lebih terbiasa dengan sepeda,” ucapnya.

 “Rutin setiap November, kami juga ingin memeriahkan Kota Samarinda. Ditambah waktu yang akan datang sudah menjadi penyangga Ibu Kota Negara, masyarakatnya harus tetap sehat,” tambahnya.

Sejak 2017 event tersebut berlangsung, 2019 merupakan pelaksanaan dengan hadiah terbanyak. Mencapai 120 hadiah. Di antaranya dispenser, setrika, termos, blender, sepeda, hingga kupon menginap di Aston Samarinda. Adapun grand prize dua unit TV berukuran 24 inchi, satu mesin cuci dua tabung, dan tiga sepeda gunung. Termasuk tumbler gratis bagi setiap peserta yang mendaftar.

Berlangsung pengundian nomor hingga pukul 11.00 Wita, Muhammad Rizky salah satu orang yang beruntung. Pria ini mendapatkan sepeda gunung secara gratis. “Kalau door prize sudah sering, kalau sepeda baru kali ini saya dapat,” ucapnya dengan ekspresi wajah gembira.

Selain hadiah yang menarik dan banyak, panitia menaruh mata terhadap keselamatan para goweser. “Kami mengasuransikan setiap peserta jika terjadi kecelakaan. Sebelum memulai event pun kita mengadakan sosialisasi dengan pihak kepolisian dan para perwakilan komunitas agar acara berjalan lancar dan tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.”

Dari pantauan kaltimkece.id, terlihat semua peserta patuh terhadap peraturan. Khususnya untuk keselamatan. Helm hingga sarung tangan lengkap digunakan. Bahkan anak berusia enam tahun ikut mengayuh sepeda dengan sedikit bantuan dorongan dari orang tua yang berada di sisi kiri dan kanan, menjaga agar anaknya tetap aman. (*)

 

Editor: Bobby Lolowang

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar