Pariwara

Thank You for Saving My Life, Kegiatan Donor Darah Aston Samarinda

person access_time 1 month ago remove_red_eyeDikunjungi 1182 Kali
Thank You for Saving My Life, Kegiatan Donor Darah Aston Samarinda

Peserta yang lolos tes kesehatan memungkinkan untuk mendonorkan darahnya. (bobby lolowang/kaltimkece.id)

Aksi donor darah kembali dilangsungkan Aston Samarinda. Kegiatan rutin ini selalu sukses menyedot antusiasme publik.

Ditulis Oleh: Bobby Lolowang
16 Desember 2019

kaltimkece.id Aston Samarinda Hotel & Convention Center kembali menggelar kegiatan sosial. Aksi donor darah keempat dalam 2019 ini, digelar dengan tajuk Thank You for Saving My Life.

Kegiatan donor darah Aston Samarinda digelar Jumat, 13 Desember 2019. Bertempat di Pool Terrace lantai 12 Aston Samarinda Hotel & Convention Center. Berlangsung 13.30-16.00 Wita.

General Manager Aston Samarinda Hotel & Convention Center Wied Paramartha menyebut aksi donor darah merupakan kegiatan rutin hotel bintang empat tersebut. Tahun ini, sudah keempat kalinya diselenggarakan. Dan setiap pelaksanaannya selalu mengundang antusiasme publik. Baik masyarakat umum, para tamu, maupun sesama pelaku perhotelan di Kota Tepian.

"Tiap tahun kami bekerja sama dengan PMI. Dan selama ini selalu luar biasa. Semoga tahun depan bisa lebih ramai lagi," sebut Wied.

Wied turut mengapresiasi aksi sosial serupa yang kian ramai akhir-akhir ini. Dalam Desember 2019 saja, sejumlah aksi donor darah diselenggarakan berbagai pihak. Termasuk sesama pelaku industri perhotelan di Samarinda.

Ditambahkan oleh Marketing Communication Coordinator Aston Samarinda Hotel & Convention Center, Tiara Bulan, dalam setiap kegiatan donor darah, Aston Samarinda didukung oleh PMI Samarinda. Menyediakan 50-60 kantong darah per kegiatannya. "Partisipasi bisa lebih dari 100. Tapi tak semuanya bisa mendonorkan darah setelah melalui tes pemeriksaan kesehatan," urai Tiara Bulan kepada kaltimkece.id.

Meski demikian, pengunjung yang tak memungkinkan mendonorkan bukan berarti pulang dengan tangan hampa. Di lokasi kegiatan, turut berdiri sejumlah stan seperti jasa pijat hingga produk-produk kesehatan lainnya.

Kekurangan Stok

Dokter Helda Fitriani dari PMI Samarinda, menguraikan sejumlah persyaratan untuk mendonorkan darah. Di antaranya usia minimal 18 tahun dan maksimal 65 tahun jika rutin donor darah. Juga berat badan minimal 50 kilogram. "Pendonor juga tidak begadang. Tidur minimal lima jam sehari sebelumnya. Selain itu dalam kondisi sehat. Tidak batuk, pilek, dan lainnya," terang Helda.

Manajer Kualitas PMI Samarinda tersebut begitu mengapresiasi kegiatan donor darah Aston Samarinda. Aksi begini, sangat dibutuhkan untuk memenuhi pasokan darah PMI Samarinda. Diakui, sejauh ini stok tersedia cenderung kurang.

"Sehari paling tidak dibutuhkan 100 kantong. Sementara yang mendonorkan di PMI Samarinda, sampai pukul 09.00 malam paling 50 orang," ungkapnya.

Kendala pendonor yang tak lolos persyaratan, juga jadi persoalan memenuhi kebutuhan kantong darah per harinya. Beruntung pada kegiatan di Aston Samarinda hari itu, sebagian besar pendonor memenuhi kualifikasi. (*)

folder_openLabel
shareBagikan Artikel Ini


Artikel Terkait


Tinggalkan Komentar