kaltimkece.id Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah mempersembahkan 'Unparalleled Network Services Guaranteed' untuk menjamin kelancaran konektivitas selama periode Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah. Komitmen ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan komunikasi pelanggan dengan keluarga dan kerabat sepanjang perjalanan mudik hingga tiba di tujuan.
Untuk menjaga kualitas layanan selama perayaan hari kemenangan, jaringan Indosat yang terintegrasi didukung oleh infrastruktur berteknologi tinggi berbasis cognitive learning, efisien dari segi penggunaan energi, serta sumber daya manusia yang andal.
President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan bahwa pihaknya telah mengoptimalkan jaringan di sejumlah jalur mudik dan lokasi-lokasi prioritas untuk mendukung kebutuhan komunikasi dan layanan digital pelanggan dari perjalanan mudik hingga kembali ke daerah asal.
"Mewakili seluruh keluarga besar Indosat Ooredoo Hutchison, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin," ucapnya.
Mobilitas arus mudik pada Hari Raya Idulfitri diprediksi mencapai 71,7 persen dari total penduduk Indonesia. Pergerakan massa tersebut diperkirakan akan meningkatkan trafik data Indosat sebesar 17 persen dibandingkan dengan rata-rata trafik harian sepanjang 2024. Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringannya sebesar 32 persen lebih besar dari rata-rata kapasitas harian, serta menambah 2.145 situs baru dan 38 BTS mobile.
Penambahan kapasitas ini juga didukung oleh peningkatan infrastruktur jaringan di sepuluh jalur kereta, 26 jalan tol termasuk Trans Jawa dan Trans Kalimantan. Serta 28 jalan non-tol, seperti Banjarmasin-Martapura dan Merak-Carita.
Di wilayah Kalimantan, Indosat telah melakukan optimalisasi jaringan di jalur tol Samarinda-Balikpapan serta jalur non-tol Banjarmasin-Martapura dan Pontianak-Singkawang.
Sementara di Sulawesi, optimalisasi jaringan dilakukan di jalur tol Bandara Hasanuddin-Makassar dan Manado-Bitung serta jalur non-tol Bandara Hasanuddin-Maros dan Makassar-Parepare.
"Lebih dari dua ribu petugas teknis Indosat di lapangan bersama tim Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) bekerja 24 jam untuk memastikan kelancaran komunikasi pelanggan di mana pun dan kapan pun," urainya.
Indosat juga telah mengaktifkan Command Center 24/7 dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC) yang diperkuat oleh sistem berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi.
Tidak hanya fokus pada kelancaran jaringan, Indosat juga menegaskan komitmennya dalam memberdayakan masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Sebanyak 115 Program 'Gerobak Berkah' telah disalurkan kepada para penjaga masjid atau musholla di 57 lokasi di seluruh Indonesia, termasuk Sambas, Sekadau, Samarinda, Palu, Mamuju, Pangkajene Kepulauan, Makassar, dan Manado.
Program ini memberikan dukungan langsung kepada para marbot untuk memperkuat usaha ekonomi lokal mereka. Sa'ad Abu Abdillah, seorang marbot asal Makassar, menyambut baik program ini dan menyatakan bahwa bantuan dari Indosat telah membantunya untuk membuka usaha baru dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan gerobak yang ditempatkan di area masjid.
Keseluruhan upaya ini merupakan bagian dari komitmen Indosat dalam meningkatkan kualitas layanan dan memberdayakan masyarakat Indonesia selama momen Ramadan dan Idulfitri. Indosat terus mengapresiasi masukan dan saran dari pelanggan untuk terus meningkatkan layanan mereka, serta menyediakan berbagai saluran komunikasi untuk mengatasi kendala dan merespons masukan pelanggan selama periode mudik dan Lebaran.
Dengan semua langkah ini, Indosat Ooredoo Hutchison siap memberikan kegembiraan dan kemudahan komunikasi kepada seluruh masyarakat Indonesia selama perayaan Idul Fitri.(*)